ANALISA PERHITUNGAN KERJA ALAT PENUKAR KALOR BERDASARKAN DATA DESAIN DAN DATA AKTUAL

Rapi Nugraha, Reza Setiawan, Ratna Dewi Anjani

Abstract


Alat penukar kalor atau Heat Exchanger merupakan alat yang digunakan untuk menukar atau mengubah temperatur fluida atau mengubah phasa fluida dengan cara mempertukarkan atau memindahkan kalornya dengan fluida lain.  Sebagian besar dari industri – industri yang berkaitan dengan pemprosesan selalu menggunakan alat ini, sehingga alat penukar kalor ini mempunyai peran penting dalam suatu proses produksi atau operasi. Seperti halnya yang akan dibahas  pada studi kasus yang telah dilakukan di PT Sintas Kurama Perdana sebuah alat penukar kalor Reboiler AB 464 Jenis Shell and Tube Type 1-1 (Single Pass) yang memiliki fungsi sebagai pemanas. Dimana fluida panas (hot fluid) adalah uap panas (steam) yang diperoleh dari PT. Pupuk Kujang Cikampek  dan fluida dingin (cold fluid) adalah campuran methanol, metil format, dan air sebagai fluida yang dipanaskan. Untuk menentukan besar kecilnya panas yang dipindahkan pada beda temperature ini tergantung pada harga variabel yang ditentukan, dimana pada suatu alat penukar kalor tersebut ini dapat diperkirakan besarnya melalui hasil perhitungan.Hasil perhitungan menunjukkan bahwa efektivitas Reboiler pada data aktual sekitar 83,31% sedangkan pada pada data desain hanya 21,5%. Untuk mendapatakan hasil  maksimal, hendaknya melakukan koreksi kembali terhadap data desain atau specificatiom sheet karena penulis menemukan hasil perhitungan yang tidak ideal pada efektivitas peforma Reboiler AB 464.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Frank, K. (1994). Prinsip-prinsip Perpindahan Kalor. Jakarta: Erlangga.

Holman, J. (1984). Perpindahan Kalor. Jakarta: Erlangga.

Mikheyey, M. (1968). Fundamental of Heat Transfer. Russian: Peace Publisher.

Shah, K. &. (2003). Fundamentals of Heat Exchanger Design. Amerika: Jhon Wiley.

Soekardi, C. (2015). Analisis Pengaruh Efektivitas Perpindahan Panas dan Tahanan Termal Terhadap Rancangan Termal Alat Penukar Kalor Shell & Tube. Jurnal Sinergi, 19-24.

Sudrajat, J. (2017). Analisis Kinerja Heat Exchanger Shell & Tube Pada Sistem Cog Booster Di Integrated Steel Mill Krakatau. Jurnal teknik mesin, Vol 06, No.3.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/eksergi.v17i03.2858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Mechanical Engineering Department
Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Phone (024) 7478384; Fax: (024) 7472396;

Email: jurnal.eksergi@polines.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Statistics View MyStat