Optimisasi Ketebalan Chassis Kendaraan untuk Pengurangan Konsumsi Bahan Bakar Minyak Menggunakan Metode Elemen Hingga
DOI:
https://doi.org/10.32497/eksergi.v14i1.1135Abstract
Bahan bakar minyak jumlahnya terbatas sehingga penggunaannya perlu diminimalkan atau jika memungkinkan digantikan dengan bahan bakar lain yang dapat diperbaharui. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi pemakaian bahan bakar minyak adalah dengan mengurangi berat kendaraan, karena berat kendaraan sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar, semakin berat kendaraan, maka semakin banyak bahan bakar yang harus dipergunakan. Dalam makalah ini akan dikemukakan optimisasi ketebalan chassis mobil pedesaan dengan menggunakan metode elemen hingga. Tujuan dari optimisasi ini adalah untuk mendapatkan berat chassis yang seringan mungkin tetapi masih aman jika dilihat dari segi tegangan dan defleksi yang terjadi akibat beban yang diberikan.
Kata kunci: Konsumsi bahan bakar, berat kendaraan, chassis, metode elemen hingga
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).