Kontrol Manual dan Otomatis pada Generator Set dengan Menggunakan Mikrokontroler Melalui Smartphone Android

Margana Margana, F gatot Sumarno

Abstract


Kontrol Manual Dan Otomatis Pada Generator Set 1500 Watt dengan Menggunakan Mikrokontroler Melalui Smartphone Android bertujuan untuk membuat generator set yang dapat dioperasikan dengan jarak tertentu, mudah dalam pengontrolannya dan sebagai energi listrik cadangan skala rumah tangga. Penggunaan android disini sebagai pengontrol frekuensi dan memonitor kinerja generator set, meliputi putaran ,Jumlah bahan bakar dan Frekuensi. Metode yang digunakan adalah dengan menjalankan generator dan dibebani lampu pijar serta frekuensi dijaga 50 Hz. Karakteristik dari frekuensi genset dapat dianalisa berdasarkan beberapa parameter yaitu laju aliran massa bahan bakar dan SFC. Parameter yang didapat dari pengujian laboratorium, kemudian dianalisa untuk membandingkan nilai karakteristik dari penggunaan frekuensi yang terbaik dari genset dan pengunaan bahan bakar yang paling hemat. Berdasarkan hasil pengujian didapat SFC terkecil yaitu pada frekuensi 48 Hz sehingga penggunaan bahan bakar paling hemat dengan frekuensi 48 Hz. Dan frekuensi yang paling baik digunakan yaitu frekuensi 50 Hz, karena memiliki grafik yang relatif stabil sehingga tidak merusak genset.

Kata kunci : Konsumsi bahan bakar spesifik, frekuensi, generator set, Mikrokontroller


Full Text:

Untitled

References


Bayu,dkk.2016. Modifikasi Sistem Pengendali Otomatis dan Manual Pada Generator Set dengan Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3 Melalui Smartphone Android”, Semarang, Politeknik Negeri Semarang

Hadiyanto, dkk. 2015. Lengan Robot Pemindah Botol Berbasis Arduino.Semarang. Politeknik Negeri Semarang.

Samekta, Angger Eka, dkk. 2014. Modul Kontrol Suhu Dengan Kendali PID Berbasis PLC dan Scada Untuk Praktikum Sistem Kendali. Semarang.Politeknik Negeri Semarang.

Syahwil, Muhammad.2013. Panduan Mudah Simulasi dan Praktek Mikrokontroler Arduino. Yogyakarta. Andi Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/eksergi.v13i2.908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.