SISTEM DISTRIBUSI ENERGI LISTRIK PADA KERETA API KELAS EKONOMI, BISNIS DAN EKSEKUTIF
Abstract
Kereta api terdiri dari lokomotif, kereta penumpang, kereta makan, kereta pembangkit, kereta bagasi dan gerbong barang. Energi listriknya disuplai dari generator set di kereta pembangkit. Sistem distribusi energi listrik pada kereta api : kereta pembangkit - panel kontrol - panel utama - junction box - panel distribusi - beban. Kode K3 diberikan untuk kereta penumpang kelas ekonomi, K2 untuk kelas bisnis, K1 untuk kelas eksekutif, M1 untuk kereta makan kelas eksekutif, dan B untuk kereta bagasi. Kereta pembangkit memiliki kode KMP3 untuk kereta pembangkit kelas ekonomi, MP2 untuk kereta pembangkit kelas bisnis, dan P untuk kereta pembangkit kelas eksekutif. Penelitian dilakukan pada jenis kereta pembangkit seri KMP3 0 65 01 dengan kapasitas terpasang 165 kVA dengan 6 kereta K3, MP2 0 65 08 kapasitas terpasang 300 kVA dengan 11 kereta K2 dan P 0 68 08 kapasitas terpasang 550 kVA dengan 11 kereta K1. Daya maksimum rangkaian kereta api ekonomi konfigurasi L-1-2-3-KMP3-4-5-6-7-B sebesar 83,107 kW/140,7449 kVA, dengan faktor daya (Cos φ) 0,590. Rangkain kereta api kelas bisnis dengan konfigurasi L-1-2-3-MP2-4-5-6-7-B sebesar 96,567 kW/162,050 kVA, dengan cos φ 0,595. Sedangkan pada rangkaian kereta api kelas eksekutif dengan konfigurasi L-1-2-3-M1-4-5-6-7-P sebesar 159,367 kW/242,216 kVA dengan cos φ 0,657.
Kata kunci : Kereta pembangkit, kapasitas daya, faktor kapasitas pembangkit, daya maksimum rangkaian kereta api
Full Text:
UntitledDOI: http://dx.doi.org/10.32497/eksergi.v11i1.258
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Mechanical Engineering Department
Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Phone (024) 7478384; Fax: (024) 7472396
WA : 08112882883
Email: jurnal.eksergi@polines.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.