SISTEM DISTRIBUSI ENERGI LISTRIK PADA KERETA API KELAS EKONOMI, BISNIS DAN EKSEKUTIF
DOI:
https://doi.org/10.32497/eksergi.v11i1.258Abstract
Kereta api terdiri dari lokomotif, kereta penumpang, kereta makan, kereta pembangkit, kereta bagasi dan gerbong barang. Energi listriknya disuplai dari generator set di kereta pembangkit. Sistem distribusi energi listrik pada kereta api : kereta pembangkit - panel kontrol - panel utama - junction box - panel distribusi - beban. Kode K3 diberikan untuk kereta penumpang kelas ekonomi, K2 untuk kelas bisnis, K1 untuk kelas eksekutif, M1 untuk kereta makan kelas eksekutif, dan B untuk kereta bagasi. Kereta pembangkit memiliki kode KMP3 untuk kereta pembangkit kelas ekonomi, MP2 untuk kereta pembangkit kelas bisnis, dan P untuk kereta pembangkit kelas eksekutif. Penelitian dilakukan pada jenis kereta pembangkit seri KMP3 0 65 01 dengan kapasitas terpasang 165 kVA dengan 6 kereta K3, MP2 0 65 08 kapasitas terpasang 300 kVA dengan 11 kereta K2 dan P 0 68 08 kapasitas terpasang 550 kVA dengan 11 kereta K1. Daya maksimum rangkaian kereta api ekonomi konfigurasi L-1-2-3-KMP3-4-5-6-7-B sebesar 83,107 kW/140,7449 kVA, dengan faktor daya (Cos φ) 0,590. Rangkain kereta api kelas bisnis dengan konfigurasi L-1-2-3-MP2-4-5-6-7-B sebesar 96,567 kW/162,050 kVA, dengan cos φ 0,595. Sedangkan pada rangkaian kereta api kelas eksekutif dengan konfigurasi L-1-2-3-M1-4-5-6-7-P sebesar 159,367 kW/242,216 kVA dengan cos φ 0,657.
Kata kunci : Kereta pembangkit, kapasitas daya, faktor kapasitas pembangkit, daya maksimum rangkaian kereta api
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).