SISTEM DISTRIBUSI ENERGI LISTRIK PADA KERETA API KELAS EKONOMI, BISNIS DAN EKSEKUTIF

Authors

  • - Mulyono Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang
  • Muhammad Rafli Alfanani Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32497/eksergi.v11i1.258

Abstract

Kereta api terdiri dari     lokomotif, kereta penumpang, kereta makan, kereta   pembangkit, kereta bagasi dan gerbong barang. Energi listriknya   disuplai dari   generator set di   kereta pembangkit.   Sistem distribusi   energi listrik pada kereta api   : kereta pembangkit   -   panel kontrol   -   panel utama   -   junction box   -   panel distribusi   - beban.   Kode   K3   diberikan untuk   kereta penumpang kelas ekonomi, K2 untuk   kelas bisnis, K1 untuk   kelas eksekutif, M1 untuk kereta makan kelas eksekutif, dan B untuk kereta bagasi. Kereta pembangkit memiliki kode KMP3 untuk kereta pembangkit kelas ekonomi, MP2 untuk kereta pembangkit kelas bisnis, dan P untuk kereta pembangkit kelas eksekutif. Penelitian dilakukan pada jenis kereta pembangkit   seri KMP3 0 65 01 dengan kapasitas terpasang 165 kVA dengan 6 kereta K3, MP2   0 65 08 kapasitas terpasang 300 kVA dengan 11 kereta K2 dan P 0 68 08 kapasitas terpasang 550 kVA dengan   11 kereta K1. Daya maksimum rangkaian kereta api ekonomi   konfigurasi L-1-2-3-KMP3-4-5-6-7-B sebesar 83,107 kW/140,7449 kVA, dengan faktor daya (Cos φ)   0,590. Rangkain kereta api kelas bisnis dengan konfigurasi L-1-2-3-MP2-4-5-6-7-B sebesar 96,567 kW/162,050 kVA, dengan cos φ 0,595. Sedangkan pada rangkaian kereta api kelas eksekutif dengan konfigurasi L-1-2-3-M1-4-5-6-7-P sebesar 159,367 kW/242,216 kVA dengan cos φ 0,657.

Kata kunci   : Kereta pembangkit, kapasitas daya, faktor kapasitas pembangkit, daya maksimum rangkaian kereta api

Downloads

Published

2016-05-24