SISTEM DISTRIBUSI ENERGI LISTRIK PADA KERETA API KELAS EKONOMI, BISNIS DAN EKSEKUTIF

Mulyono, Muhammad Rafli Alfanani

Abstract


Kereta api terdiri dari   lokomotif, kereta penumpang, kereta makan, kereta  pembangkit, kereta bagasi dan gerbong barang. Energi listriknya  disuplai dari  generator set di  kereta pembangkit.  Sistem distribusi  energi listrik pada kereta api  : kereta pembangkit  -  panel kontrol  -  panel utama  -  junction box  -  panel distribusi  - beban.  Kode  K3  diberikan untuk  kereta penumpang kelas ekonomi, K2 untuk  kelas bisnis, K1 untuk  kelas eksekutif, M1 untuk kereta makan kelas eksekutif, dan B untuk kereta bagasi. Kereta pembangkit memiliki kode KMP3 untuk kereta pembangkit kelas ekonomi, MP2 untuk kereta pembangkit kelas bisnis, dan P untuk kereta pembangkit kelas eksekutif. Penelitian dilakukan pada jenis kereta pembangkit  seri KMP3 0 65 01 dengan kapasitas terpasang 165 kVA dengan 6 kereta K3, MP2  0 65 08 kapasitas terpasang 300 kVA dengan 11 kereta K2 dan P 0 68 08 kapasitas terpasang 550 kVA dengan  11 kereta K1. Daya maksimum rangkaian kereta api ekonomi  konfigurasi L-1-2-3-KMP3-4-5-6-7-B sebesar 83,107 kW/140,7449 kVA, dengan faktor daya (Cos φ)  0,590. Rangkain kereta api kelas bisnis dengan konfigurasi L-1-2-3-MP2-4-5-6-7-B sebesar 96,567 kW/162,050 kVA, dengan cos φ 0,595. Sedangkan pada rangkaian kereta api kelas eksekutif dengan konfigurasi L-1-2-3-M1-4-5-6-7-P sebesar 159,367 kW/242,216 kVA dengan cos φ 0,657.

Kata kunci  : Kereta pembangkit, kapasitas daya, faktor kapasitas pembangkit, daya maksimum rangkaian kereta api


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/eksergi.v11i1.258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Mechanical Engineering Department
Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Phone (024) 7478384; Fax: (024) 7472396;

Email: jurnal.eksergi@polines.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Statistics View MyStat