KAJI EKSPERIMENTAL COLD DAN HOT EGR DENGAN BAHAN BAKAR CAMPURAN BIODIESEL TERHADAP EFISIENSI THERMAL MESIN DIESEL

Eka Darmana

Abstract


Cadangan bahan bakar fosil semakin menipis akibat pemakaian mesin berbahan bakar fosil semakin meluas. Diperlukan alternatif bahan bakar yang dapat diperbarui, salah satunya adalah biodiesel yang berasal dari minyak jarak (jatropha). Pemakaian jatropha sebagai bahan bakar mesin diesel tetap menghasilkan emisi Nox, maka diperlukan adanya sistem yang mereduksi Nox, salah satunya dengan mensirkulasikan gas buang (EGR) kedalam dilinder. Bahan bakar jatropha dengan sistem EGR juga mempengarui efisiensi dari mesin diesel, maka diperlukan banyak kajian. Dalam kajian ini dilakukan eksperimen untuk mengetahui brake thermal efficiency mesin diesel ketika menggunakan bahan bakar campuran jatropha dengan di pasang cold maupun Hot EGR. Eksperimen dilakukan pada mesin diesel dengan memvariasi beban pada putaran konstan 2000 rpm. Masing-masing variasi beban diuji dengan memvariasi laju EGR untuk bahan bakar diesel fuel (D100) dan campuran jatropha 30% (D70J30). Hasil kajian menunjukkan bahwa BSFC paling rendah 0,21 kg/kWh ketika dioperasikan dengan bahan bakar campuran jatropha terdapat pada laju Cold EGR 14,1 % pada beban diatas 50%. Brake thermal efficiency mengalami kenaikan mencapai 40,5% ketika dioperasikan dengan Cold EGR menggunakan bahan bakar campuran jatropha 30% (D70J30). Laju EGR yang optimal pada angka 14,1%.

Kata kunci: cold dan Hot EGR, jatropha, brake thermal efficincy, BFSC


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/eksergi.v14i3.1375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Mechanical Engineering Department
Politeknik Negeri Semarang
Jl. Prof. Sudarto, SH., Tembalang, Semarang
Phone (024) 7478384; Fax: (024) 7472396;

Email: jurnal.eksergi@polines.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Statistics View MyStat