Analisis Performa pada Sepeda Motor Listrik Menggunakan Motor BLDC 500 W
Abstract
Dalam transportasi yang sedang marak saat ini, sepeda motor listrik memiliki beberapa keunggulan, seperti tidak menggunakan bahan bakar minyak dan tidak menimbulkan polusi sama sekali. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa performa rancang bangun sepeda motor listrik MOLIVET yang menggunakan motor BLDC 500 W. Untuk pengujian yang dilakukan meliputi uji torsi, daya, tegangan, kecepatan dan kuat arus. Hasil dari penelitian ini untuk uji torsi tanpa beban sebesar 4,10 N.m dan pada saat dengan beban 90 kg torsi menjadi turun sebesar 3,51 N.m. Untuk hasil uji daya tanpa beban sebesar 0,39 Hp dan pada saat menggunakan beban 90 kg daya turn menjadi 0,29 Hp. Untuk tegangan pada baterai saat tanpa beban sebesar 49,07 V dan pada saat menggunakan beban sebesar 48,16 V. Untuk kecepatan rata-rata pada saat tanpa beban sebesar 31,97 KPH dan pada saat menggunakan beban 90 kg sebesar 26,89 KPH
Kata kunci: Motor Listrik BLDC ; Performa ; Torsi ; Daya
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Beeton, & David. (2014). Electric Vehicle Business Models Global Perspectives. Springer.
Alhamdie, A. (2021). Rancang Bangun Sepeda Dengan Motor Dc 350 W. JMIO: Jurnal Mesin Industri Dan Otomotif, 2(1), 7–10. https://doi.org/10.46365/jmio.v2i01.403.
Kristyadi, T., Said, M., Farhan, M., & Lani, D. (2021). Konversi Sepeda Motor Berbahan Bakar Bensin Menjadi Bertenaga Listrik. Prosiding Diseminasi FTI Genap, 1–13.
Belekar, R. D., Subramanian, S., Panvalkar, P. V., Desai, M., & Patole, R. (2017). Alternator Charging System for Electric Motorcycles. International Research Journal of Engineering and Technology(IRJET), 4(4), 1759–1766.
Manalu, J. (2017). Racang bangun motor listrik. Universitas Sumatera Utara.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Oktariani, Y. (2016). Studi Pengaruh Torsi Beban Terhadap Kinerja Motor Induksi Tiga Fase. Institut Teknologi Padang, 5(1), 9–15
Prasetyo, E., Dahlan, D., & Ryfaldi, R. (2018). Analisis Uji Jalan Sepeda Motor Listrik 1 kW. Seminar Rekayasa Teknologi, 199–208
Zainal, N. R. (2018). Pengaruh Posisi Sudut Optimus Reed Switch Pada Motor Brushless DC Axial Flux
Ratna Mustika Yasi, & Charis Fathul Hadi. (2021). Pengaruh Tegangan Terhadap Besar Kuat Arus Listrik Pada Persamaan Hukum Ohm. Journal Zetroem, 3(1), 34–36. https://doi.org/10.36526/ztr.v3i1.1331
Nurhadi. (2018). PENGEMBANGAN SEPEDA MOTOR LISTRIK SEBAGAI SARANA Tujuan penelitian Metodologi penelitian Penelitian Terdahulu. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri 2018, 249–255.
Sarwey, R. A., & John W. Jewett. (2019). Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics (2nd ed.). Salemba Teknika
Dougles, C., & Giancoli. (2001). Physics Fifth Edition (5th ed.). Erlangga
Setyaning, A., Poesoko, S., Setyono, B., Novianto, A., Mesin, J. T., Teknologi, I., & Tama, A. (2022). Analisis Konsumsi Energi Baterai Dan Steering Sytem Mobil Listrik Eazy Parking Penggerak 2 Motor BLDC. 1–10.
DOI: http://dx.doi.org/10.32497/jrm.v19i3.5249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Rekayasa Mesin
_____________________________________________________________________
| Publisher: Mechanical Engineering Department, Politeknik Negeri Semarang (Semarang State Polytechnic) |
_____________________________________________________________________
This work is licensed under a License Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 Internasional.