Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Rekayasa Mesin?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Manuskrip yang diserahkan harus melalui Sistem Pengajuan Online di portal (https://jurnal.polines.ac.id/index.php/rekayasa) setelah mendaftar sebagai Author di bagian "Register". Prosedur pengiriman online dapat ditemukan di akhir panduan ini. Penulis wajib menggunakan template manuskrip yang disediakan oleh Jurnal Rekayasa Mesin.

1. Panduan [Register]

2. Panduan [Submit artikel]

3. Download [Template]


PETUNJUK PENULISAN JURNAL REKAYASA MESIN

Judul Artikel Ditulis dengan Jenis Huruf Times New Roman, Justified Alignment, 12pt Bold

Penulis Pertama1*, Penulis Kedua2 dan Penulis Ketiga1,2

1Departemen 1, Institusi 1,

Alamat institusi 1

2 Departemen 2, Institusi 2,                                                          

Alamat institusi 2

*E-mail: xxx@example.com (corresponding author)

Abstrak (10 bold)

Abstrak diisi dengan urutan latar belakang, pernyataan masalah, state of the art atau gap analysis, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia. Jumlah kata maksimal 300 kata. Abstrak dapat langsung dibuat di dalam kolom ini.

Kata kunci: (maksimal 5 kata) (diurutkan sesuai abjad) (dipisahkan dengan semicolon ;)

Abstract (10 bold Italic)

Abstrak diisi dengan urutan latar belakang, pernyataan masalah, state of the art atau gap analysis, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris. Jumlah kata maksimal 300 kata. Abstrak dapat langsung dibuat di dalam kolom ini.

Keywords: (maksimal 5 kata) (diurutkan sesuai abjad) (dipisahkan dengan semicolon ;)

1. Pendahuluan

Bab pendahuluan diisi dengan pernyataan singkat tentang latar belakang penelitian, pernyataan masalah, kajian pustaka yang relevan [sebagai referensi], state of the art atau gap analysis (alasan penelitian perlu dilakukan) dan tujuan penelitian. Bab ini dimulai pada baris terpisah setelah abstrak dan kata kunci.

1.1      Format Umum Peulisan Artikel

Artikel ditulis pada ukuran halaman A4 dengan Top margin: 25 mm; Left margin: 20 mm; Bottom margin: 25 mm; Right margin: 20 mm. Font Times New Roman dengan ukuran 12 pt untuk judul artikel dan 10 pt untuk selain judul artikel. Spasi 1,5, After 0, Before 0. Maksimal 7 halaman. Isi artikel disesuaikan dengan format IMRAD (Introduction, materials and methods, Results, discussion + conclusion).

 2. Material dan metodologi

Bab ini berisi tentang data-data penting penelitian, peralatan yang digunakan dan lokasi penelitian. Metode penelitian yang digunakan dijelaskan secara singkat (dapat dibuat dalam bentuk diagram alir). Metode baru atau metode yang dimodifikasi tersebut harap dijelaskan secara rinci.

2.1.    Format penulisan persamaan

Setiap persamaan ditulis rata tengah kolom dan diberi nomor urutan persamaan yang ditulis dalam kurung dan ditempatkan pada akhir margin kanan. Persamaan harus ditulis menggunakan Equation Editor dalam Ms. Word. Berikut contoh format penulisan persamaan [1].

                                                         (1)

3. Hasil dan pembahasan

Hasil penting dari penelitian harus dinyatakan dengan jelas dan diilustrasikan menggunakan tabel dan gambar. Pembahasan harus sesuai dengan interpretasi hasil, jelas secara rinci dan harus logis. Untuk format penulisan tabel dan gambar silakan lihat contoh berikut:

3.1.    Format penulisan Tabel

Judul tabel ditulis dengan cetak tebal (Tabel 1. …..), dan diletakkan di atas disisi kiri. Hanya border horizontal saja yang dimunculkan. Setiap menampilkan Tabel harus ada rujukan di bagian narasi misal “…lebih jelas dapat dilihat pada Tabel 1”.

Tabel 1. Daftar tema artikel pada Jurnal Rekayasa Mesin Politeknik Negeri Semarang

3.2.    Format penulisan Gambar

Penampilan gambar tidak ada aturan baku namun intinya harus jelas dan terbaca, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Setiap menampilkan gambar harus ada rujukan di bagian narasi misal “…lebih jelas dapat dilihat pada Gambar 1”. Judul Gambar diletakan di tengah bawah gambar.

3.3.    Format penulisan Grafik

Penampilan gambar grafik tidak ada aturan baku namun intinya harus jelas dan terbaca, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Setiap menampilkan gambar grafik harus ada rujukan di bagian narasi misal “…lebih jelas dapat dilihat pada Gambar 2”, Gambar grafik ditampilkan tanpa border.

4. Kesimpulan

Ringkasan hasil penelitian yang mendasar dan dapat menggambarkan hasil penelitian. Pada bagian ini sebaiknya tidak menduplikat isi abstrak.

Ucapan terima kasih

Ucapan Terima Kasih serta informasi mengenai sumber pendanaan (jika ada).

Daftar Pustaka

Pernyataan referensi dalam teks harus disajikan dalam urutan numerik dan harus ditulis dalam tanda kurung siku, seperti [1, 5] (Vancouver style). Referensi dapat diambil dari jurnal, buku, paten, buku teks, dan situs yang telah diterbitkan. Penyusunan daftar pustaka disarankan menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti mendeley, zotero, End Note atau yang lain. Jumlah minimal referensi adalah 15 referensi. Format penulisan dapat dilihat sebagai berikut:

Pustaka berupa buku

[1] Fox, R.W., McDonald, A.T., Pritchard, P.J., Introduction to fluid mechanics. 6th edition. United States: John Wiley & Sons; 2004. p 237.

Pustaka berupa jurnal ilmiah

[2] Jamari, J., Eko, S., Anwar, I.B., Study of an additional layer of cement mantle hip joints for reducing cracks. Journal of Functional Biomaterials. 2019 September; 10(03): p. 40.

Pustaka berupa prosiding seminar

[3] Putranto, A.W., Riza, R.R., Muchammad, Tauviqirrahman, M., Jamari, J., Bayuseno, A.P., CFD analysis of artificial slippage and surface texturing in lubricated sliding contact considering cavitation. Proceeding of International Conference on Engineering, Science and Nanotechnology (ICESNANO); 3-5 August 2016; Solo, Indonesia. AIP Publishing; 2017. 1788 (1). p  030068.

Pustaka berupa skripsi/tesis/disertasi

[4] P, Manikandan. Antibacterial Efficacy of Moringa oleifera Leaf against Medically Important Clinical Pathogens. India: Annamalai University; 2018. P.235.

Pustaka berupa paten

[5] Larkins, E.T., Thomas, B.S., Fetter, D.S., Cosmetics prosthetic hand. United States; US2561383A, 1947.

Pustaka berupa artikel pada website

[6] Diabetes Australia. Diabetes globally. http://www.diabetesaustralia.com.au/en/Understanding-Diabetes/Diabetes-Globally/. Canberra ACT: Diabetes Australia; 2012 (Diakses pada tanggal  5 Nov 2019).

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah jurnal belum pernah dipublikasikan di jurnal yang lain sebelumnya serta tidak sedang dalam pengiriman ke jurnal lain
  2. File naskah wajib dalam format OpenOffice atau Microsoft word
  3. Jika tersedia, penulis wajib mencantumkan DOI atau URL pada referensi/daftar pustaka
  4. Penulisan naskah jurnal menggunakan 1,5 spasi, ukuran font 10, gunakan cetak miring dari pada garis bawah kecuali untuk alamat URL. Semua ilustrasi, gambar dan tabel diletakkan diantara teks
  5. Penulisan naskah wajib mematuhi Author Guidelines yang dapat dilihat pada about journal

  6. Jika pengiriman naskah dilakukan pada bagian peer-reviewed, pastikan aturan blind review diikuti
 

Copyright Notice

Penulis yang menerbitkan artikel pada jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan karya dan publikasi pertama pada jurnal ini

Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi pertama di jurnal ini.

Penulis diizinkan dan didukung untuk mengunggah pekerjaan mereka secara daring (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web penulis) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan jumlah kutipan yang lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat pengaruh dari open Access).

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan yang sudah ditetapkan di jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau kepada pihak lain.