PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGUNGKAPKAN MONOLOG DESCRIPTIVE UNTUK MATERI PERSONAL DESCRIPTION MENGGUNAKAN TECHNIQUE ICARE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII J SEMESTER GENAP SMP NEGERI 1 KARANGTENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sri Hari

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan keterampilan mengungkapkan monolog descriptive lisan berbahasa Inggris sederhana yang berterima siswa kelas VII - J SMP Negeri 1 Karangtengah menggunakan teknik ICARE. PTK ini terdiri atas 3 siklus. Tiap siklus melalui prosedur 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Hasil penelitian Bagaimana cara guru meningkatkan keterampilan mengungkapkan monolog descriptive lisan berbahasa Inggris sederhana yang berterima siswa kelas VII - J SMP Negeri 1 Karangtengah menggunakan teknik ICARE dalam pembelajaran terjadi peningkatan pada siklus 1 keterampilan siswa mengungkakan monolog descriptive menghasilkan ketuntasan belajar sebesar 67%, pada siklus 2 keterampilan siswa mengungkakan monolog descriptive menghasilkan ketuntasan belajar sebesar 76%, pada siklus 3 keterampilan siswa mengungkakan monolog descriptive menghasilkan ketuntasan belajar sebesar 89%. Jadi ada peningkatan ketuntasan belajar sebesar 22% Dengan demikian, pembelajaran menggunakan teknik ICARE mengkondisikan siswa belajar berpendapat dan mengungkapkan pengetahuannya, mengaplikasikan, merefleksi dan memperluas pengalaman belajar mereka maka akan membentuk sikap percaya diri siswa karena siswa terlibat langsung mengaplikasikan pengetahuannya.
Kata Kunci: ”monolog descriptive”, ”technique icare”

Full Text:

Untitled

References


Decentralized Based Education (DBE),2006. Integrasi Kecakapan Hidup dalam Pembelajaran. USAID Indonesia.

Permen 22. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta.

Puskur. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP. Jakarta.

Suryadi,A, 1983. Membuat Peserta didik Aktif Belajar.Bandung, Binacipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v13i2.972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats