APLIKASI JK FLIP-FLOP UNTUK MERANCANG DECADE COUNTER ASINKRON

Lilik Eko Nuryanto

Abstract


Counter (Rangkaian Pencacah atau penghitung) yaitu rangkaian logika sekuensial yang digunakan untuk menghitung jumlah pulsa yang diberikan pada bagian masukan. Counter digunakan untuk berbagai operasi aritmatika, pembagi frekuensi, penghitung jarak (odometer), penghitung kecepatan (spedometer), yang pengembangannya digunakan luas dalam aplikasi perhitungan pada instrumen ilmiah, kontrol industri, komputer, perlengkapan komunikasi, dan sebagainya. Dengan demikian penundaan counters adalah sama dengan penundaannya flip-flop. Pencacah sinkron memerlukan sirkuit lonceng/ clock yang berdaya tinggi, sebab lonceng harus menggerakkan semua flip-flop secara serempak. Sedangkan Counter Asinkron, yang mendapatkan input pulsa clock hanya Flip-flop yang bobotnya paling rendah. Flip-flop yang bobotnya lebih tinggi mendapatkan pulsa clock dari output Flip-flop yang bobotnya satu tingkat lebih rendah, begitu seterusnya. Decade Counter adalah counter yang mempunyai urutan hitungan biner mulai dari 0 s/d 9 dan mengulang (re-cycle).
Kata Kunci : Flip-flop, Counter, Asinkron , Sinkron, Pulsa Clock, Decade, JK

Full Text:

Untitled

References


C. Lee, Samuel, dan Sutisno, 1994, Rangkaian Digital dan Rancangan Logika, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hodges, David, G. Jackson, Horace, dan H. Nasution, Sofyan, 1987, Analisis Dan Desain Rangkaian Terpadu Digital, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Mano, M. Morris, 2007, Digital Design, 5TH Edition, Prentice-Hall, Inc., Englewood Cliffs, New Jersey.

Millman Jacob dan Halkias Christos C, Elektronika Terpadu Jilid 2, Erlangga, Jakarta 1985

Zoe Far, 2014, “Dasar Rangkaian Counters”, http://zoefar.blogspot.com/2014/04/dasar-rangkaian-counter.html, - download bulan November 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v13i2.971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats