INOVASI JEJARING PEMASARAN PADA PRODUK PETANI FOKUSTANI WONOSOBO DENGAN METODE SOCIAL MEDIA MARKETING

Prayitno Prayitno, Rani Raharjanti

Abstract


Lemahnya posisi tawar petani pada bidang pemasaran produk salah satunya dikarenakan kurangnya akses informasi pasar, pemodalan serta jalur pemasaran sendiri mengakibatkan petani mengguakan sistem tebang jual sehingga 40% dari hasil panen menjadi milik tengkulak. Penelitian ini membuat media pemasaran daring menggunakan metode social media marketing produk kelompok tani fokustani wonosobo untuk inovasi jejaring pemasaran produk. Penilaian kinerja media pemasaran daring dilihat dari jumlah pengunjung yang melihat produk serta capaian area asal pengunjung. Hasil penelitian berupa media sosial facebook sebagai pemasaran produk memberikan informasi detail produk pertanian ke seluruh anggota serta calon konsumen tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Produk Petani, Pemasaran Daring.


Full Text:

Untitled

References


Akhmad, S., 2007. Membangun Gerakan Ekonomi Kolektif dalam Pertanian Berkelanjutan; Perlawanan Terhadap Liberalisasi dan Oligopoli Pasar Produk Pertanian. Tegalan

Diterbitkan oleh BABAD. Purwokerto. Jawa Tengah.

Branson, R E. dan Douglas G.N., 1983. Introduction to Agricultural Marketing, McGraw-Hill Book Company, New York, USA.

Andriyanto, Darmawan dan Haryanto, Oktavian. 2010. Analisis Internet Marketing terhadap Pembentukan Word of Mouth dan Brand Awareness untuk Memunculkan Intention to Buy. Jurnal Manajemen Teknologi, Volume 9 No 1. Universitas Kristen Satya Wacana.

Dimyati, A., 2007. Pembinaan Petani dan Kelembagaan Petani. Balitjeruk Online. Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika TlekungBatu. Jawa Timur.

Chaffey, Dave; et al. 2000. Internet Marketing. Pearson Education Limited., England.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2004. Principles of Marketing. 10th Edition. Pearson Education Inc. New Jersey .

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1.

Mohammed Rafi; Jaworski, Bernard J; Fiseher, Robert J; Paddison, Gordon J. 2003. Internet Marketing: Building Advantage in a Network Economy. 2nd edition. McGraw-Hill Book Co., New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v13i2.968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats