UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESCRIPTIVE TEXT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PADA SISWA KELAS VII A SEMESTER 2 SMP NEGERI 1 KARANGAWEN TAHUN AJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.32497/orbith.v13i1.951Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pembelajaran model portofolio dapat meningkatkan kemampuan menulis Descriptive Text siswa dan lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Penelitian ini diadakan pada siswa SMP Negeri 1 Karangawen kelas VII A Semester 2 tahun ajaran 2015/2016, waktu penelitian berlangsung selama 3 bulan dengan 2 siklus. Tiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Terdapat peningkatan kemampuan menulis pada siklus I sekitar 63 % dan pada siklus II mencapai 78 %. Hal ini juga terlihat pada Ulangan Harian siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran portofolio hasilnya lebih baik dan presentasi ketuntasan belajar pun lebih tinggi dari pada sebelumnya.Kata Kunci: Descriptive Text, Model Portofolio
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).