ANALISIS LABEL HALAL, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN KOSMETIK MAKE OVER PADA MAHASISWI UDINUS

Authors

  • Hesti Oktaviana Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Ida Farida Program Studi Manajemen, Universitas Dian Nuswantoro
  • Ariati Anomsari Program Studi Manajemen, Universitas Dian Nuswantoro
  • Roymon Panjaitan Program Studi Manajemen, Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.32497/orbith.v21i1.6290

Keywords:

Label Halal, Citra Merek, Harga, Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh label, citra merek, dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Penelitian melalui pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner sebagai pengumpulan data. Metode dalam pengambilan sampel yang digunakan yaitu Lemeshow. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden yang termasuk konsumen kosmetik Make Over pada mahasiswi Udinus. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Software Smart PLS 4, Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel label halal dan citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, variabel label halal, harga, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kemudian label halal, citra merek, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.

References

Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Kosmetik Maybelline. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86”“94. https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94.

Astir, T., Matondang, A., Batubara, C., Ahmad, N., & Rahmadi, B. (2023). Pathway Analysis Of The Influence Of Islamic Quality Of Service, Location, Price, And Quality Of Products Labeled Halal On Customer Loyalty Through Customer Satisfaction Of Wardah Cosmetics On Customers In North Sumatra. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 6(3). 1343-1366.

Ezra, S., Sasikirana, A., & Rusdianto, R. Y. (2023). Pengaruh Brand Trust dan Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Produk White Diary. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12). 10384-10391. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Handi, I. 2024. “Top Brand Award”. www.topbrand-award.com/2024/10/07

Hassanah, M., Sentosa, E., & Marnis. (2023). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah Di Lingkungan Mahasiswi Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Jurnal Ikraith-Ekonomika, 6(2). 172-181. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA

Hendi Sobari. 2022. Kualitas Pelayanan Sebagai Rujukan Keputusan Pembelian di Padar Modern. Global Aksara Pers. Jawa Timur: Surabaya.

Ismawati, T., Ali, S., & Nugeraha, P. (2023). Analisis Loyalitas Merek Konsumen Kosmetik Berlabel Halal Wardah, Emina, Make Over, Dan Viva Menggunakan Metode Net Promoter Score Di Bandar Lampung. Jurnal Perspektif Bisnis, 6(1), 87”“96.

Khotijah, S., Pradiani, T., & Fathorrahman. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan Kosmetik PL Pro di Hong Kong). Jurnal Ilmiah Riset Aplikasi Manajemen, 1(1). 129-140. http://doi.org/10.32815/jiram.v1i1.13

Margaretta, O., Yantih, N., & Hatta, I. H. (2023). Analisis Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Klinik Kecantikan DR. X di Bekasi. MAHESA”¯: Malahayati Health Student Journal, 3(11), 3596”“3616. https://doi.org/10.33024/mahesa.v3i11.11365

Melisa., Syafrizal., & Hendri Yeni, Y. (2024). The Influence of Store Atmosphere, Customer Value and Halal Labeled Products on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as a Mediating Variable at Miss Glam Padang City. Journal Of Accounting And Finance Management, 5(3). https://doi.org/10.38035/jafm

Najmudin, M., Widianto, A., Dwiwinarno, T., & Setyanta, B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman “Kirimaja” Yogyakarta. Jurnal Cahaya Mandalika, 61”“70.

Nopitasari, N., & Sentosa, E., & Nursina. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Kosmetik Make Over di Kelurahan Pulogadung). Jurnal Ikraith-Ekonomika, 7(2). 76-86 https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v7i2

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi. 2(4). 516-524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4

Prastiwi, E. S., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. SEIKO”¯: Journal of Management & Business, 5(1), 244”“256. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1556

Samsuri, S. (2023). Pengaruh Label Halal, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Mie-Sedap pada Konsumen Toko Basmalah Cabang Muncar. RIBHUNA”¯: Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(1), 21. https://doi.org/10.69552/ribhuna.v2i1.1822

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung: Gegerkalong.

Surya, A. P., & Kurniawan, A. (2021). The Effect Of Product Quality And Perceived Price On Customer Satisfaction And Loyalty: Study On Halal Cosmetic Products In Indonesia. International Journal of Economics, Business and Management Research, 5(4). www.ijebmr.com

Warsoedi, P, A, W., & Pamikatsih, T. R. (2023). Kepuasan Konsumen Lipstik Wardah Ditinjau Dari Kualitas Produk, Kesadaran Merek Dan Label Halal Di Surakarta. Jurnal Riset Ekonomi, 3(3). 255-264. http://bajangjournal.com/index.php/JUREMI

Washil, M. Z., Afandi, M. F., & Sumani, S. (2023). Pengaruh Pengalaman Konsumen Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 4(2), 83. https://doi.org/10.24853/jmmb.4.2.83-96

Downloads

Published

2025-04-01

Issue

Section

Articles