PERAN KUALITAS PELAYANAN, PRESEPSI HARGA, DAN CITRA PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI GRAB DI SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.32497/orbith.v20i3.6246Keywords:
service quality, price perception, brand image, customer satisfaction, semarangAbstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Kualitas Pelayanan (X1), Presepsi Harga (X2), dan Citra Merek (X3), terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) jasa transportasi GrabBike di Semarang. Data dikumpulkan dalam penelitian ini melalui metode kuesioner terhadap 110 responden. Teknik Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, berdasarkan kriteria pengguna aktif GrabBike di Semarang. Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif. Berdasarkan analisis diperoleh Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan jasa transportasi GrabBike di Semarang, Presepsi Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan jasa transportasi GrabBike di Semarang, Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan jasa transportasi GrabBike di Semarang. Kata kunci: kualitas pelayanan, presepsi harga, citra merek, kepuasaan pelanggan, semarang Abstract This study aims to analyze the effect of service quality variables (X1), price perception (X2), and brand image (X3), on customer satisfaction (Y) of GrabBike transportation services in Semarang. Data were collected in this study through a questionnaire method on 110 respondents. The sampling technique uses purposive sampling method, based on the criteria of active GrabBike users in Semarang. The analysis method used is quantitative. Based on the analysis obtained, Service Quality has a positive and significant effect on Customer Satisfaction of GrabBike transportation services in Semarang, Price Perception has a positive and significant effect on Customer Satisfaction of GrabBike transportation services in Semarang, Brand Image has a positive and significant effect on Customer Satisfaction of GrabBike transportation services in Semarang. Keyword: service quality, price perception, brand image, customer satisfaction, semarangReferences
Sudirman, A., Halim, F., & Pinem, R. J. (2020). Kepercayaan sebagai pemediasi dampak citra merek dan harga terhadap kepuasan konsumen Gojek. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 66-76.
Alfareza, T. H., & Sukaatmadja, I. P. G. (2024). PERAN KEPUASAN MEMEDIASI KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 13(4), 558.
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. EKOMABIS: Jurnal
Nyarmiati, N., & Astuti, S. R. T. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Brand Image Dan Perceived Value Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Rumah Makan Pondok Bandeng BaBe Kabupaten Pati). Diponegoro Journal of Management, 10(2).
Fatihudin, D., & Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran jasa: Strategi, mengukur kepuasan, dan loyalitas pelanggan.
Dewi, M. P. (2020). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Konsumen Pada RM. Wongsolo Malang. Iqtishoduna, 16 (2), 167”“190.
Haryanti, N., Diyanus, D., Baqi, A., Abdul, D., Pengawas, B., Kementrian, M., & Kabupaten Blitar, A. (2019). STRATEGI SERVICE QUALITY SEBAGAI MEDIA DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN. In Journal of Sharia Economics (Vol. 1, Issue 2).
Ibrahim, S. K., & Jebur, Z. T. (2021). A High Gain Compact Rectangular Patch Antenna for 5G Applications. International Conference on Communication and Information Technology, ICICT.
Nurliyanti, N., Arnis Susanti, A., & Hadibrata, B. (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (LITERATURE REVIEW STRATEGI MARKETING MANAJEMENT). 2(2).
Ramadhani, M., Studi Administrasi Bisnis, P., & Timur, J. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kepuasan Konsumen Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merek Aqua (Vol. 11, Issue 2).
Efendi, N., & Lubis, T. W. H. (2022). Analisis pengaruh citra merek, promosi, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen ritel. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 12(1), 21-36.
Izzuddin, A., & Muhsin, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 72-78.
Wijaya, F., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Word Of Mouth:(Studi Kasus Pada The Jungle Waterpark Bogor). Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 9-18.
Sembiring, I., & Fordian, D. (2023). Apakah Kualitas Layanan Pengiriman dan Customer Experience Berpengaruh Terhadap Kepuasan UMKM? (Studi Pada Pelanggan JNE Cabang Utama Cikarang). In Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis (Vol. 14, Issue 2).
Yunita, E. (2020). ANALISISPEGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELAN HANDPHONE OPPO SERIES (Study pada Konsumen Handphone Oppo Series di Kabupaten Kebumen) (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).
Rahmadani, F., Suardana, I. M., & Samudra, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Ud. Eva Group Mataram. Valid: Jurnal Ilmiah, 16(1), 123-135.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).