PENGARUH IMPEDANSI LISTRIK SISTEM PENTANAHAN BATANG TUNGGAL YANG TERINTEGRASI DENGAN KONSTRUKSI BANGUNAN

Septiantar Tebe Nursaputro, Agus Adiwismono, Endang Triyani

Abstract


Abstrak

Sistem pentanahan yang baik akan mempunyai impedansi ≤ 5 Ω ( PUIL 2010), untuk keamanan jika ada gangguan kegagalan isolasi yang menyebabkan timbulnya tegangan sentuh. Ada beberapa faktor internal dan external yang akan mempengaruhi nilai impedansi pada sistem pentanahan. Antara lain adalah kedalaman panjang elektroda, tahanan jenis tanah , dan juga musim pada musim panas tahanan tanahnya tidak sama dengan pada saat musim penghujan, Pada penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Impedansi listrik sistem pentanahan batang tunggal yang terintegrasi dengan konstruksi bangunan”. Yang menjadi permasalahan, seberapa besar pengaruh nilai impedansi dari sistem pentanahan batang tunggal dengan kedalaman tertentu jika diintegrasikan dengan kontruksi sebuah bangunan gedung dengan konstruksi baja. Untuk mendapatkan hasil yang baik tentu perlu dilakukan pengukuran pada beberapa tempat dimana elektroda ditanam. Hasil dari pengukuran di 6 titik lokasi elektroda pentanahan batang tunggal, sebelum dan setelah diintegrasi dengan konstriksi bangunan, menunjukkan setelah diintegrasi nilai impedansinya turun cukup signifikan.
Kata kunci: impedamsi,pentanahan,batang tunggal, integrasi

Abstract

A good grounding system will have an impedance of ≤ 5 Ω (PUIL 2010), for safety if there is an insulation failure that causes a touch voltage.There are several internal and external factors that will affect the impedance value at grounding system. Among others are the depth of the electrode length, soil resistivity, andalso the season in summer the soil resistance is not the same as during the seasonrain, in this study takes the title "Effect of electrical impedance systemsingle rod earthing integrated with building construction “. The problem is how much influence the impedance value of a single rod grounding system with a certain depth is integrated with the construction of a building with steel construction. To get good results, of course, measurements need to be made at several places where the electrodes are implanted. The results of measurements at 6 points of single rod earthing electrode locations, before and after integration with the building constriction, show that after integration the impedance value drops significantly.
Key words: impedansi, grounding, single rod, integration


Keywords


impedansi, grounding, single rod, integration

Full Text:

PDF

References


Arrilaga, Jos and Watson, Neville. 2003 Power System Harmonics Chicester: John Walley and Sons.

Ahmed Hossam-Eldin dan Hasan M Reda. 2006. Study of The Effect of Harmonics On Measurments of The Energy Meters. Electrical Engineering Department, Alexandria University, Alexandria, Egypt.

Buhron,Hernadi and Sutanto, Justin, 2007. Implikasi Harmonisa Dalam Sistem Tenaga Listrik dan Alternatif Solusinya. PLNDistribusi Jabar.

Daniel Rohi, Dion Dwipayana Utama, Ontoseno Penangsang, 2009, Distorsi.

Joko Santoso, 2005, Pengaruh Perubahan Tegangan Catu Terhadap Umur Lampu Hemat Energi. Jurnal teknik, Undip

Luciana Kristanto, 2008, Penelitian Terhadap Kuat Penerangan dan Hubunganya Dengan Angka Reflektansi Warna Dinding , Petra. Surabaya.

Muhaimin, 2001. Teknologi Pencahayaan, Refika Aditama, Bandung

SIN 04-6958-2003 pada Lampu Hemat Energi.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v20i1.5435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats