STRUKTUR DAN KOHERENSI ABSTRAK DI DALAM 5 JURNAL SINTA 5 DI POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
Abstract
Sebagai karya pengantar kandungan sebuah jurnal, abstrak hendaknya disusun dengan baik agar mudah dipahami. Unsur-unsur pembangun abstrak dalam jurnal disusun agar memberikan informasi lengkap tentang materi atau pokok bahasan di dalam jurnal. Layaknya sebuah paragraf, susunan kalimat di dalam abstrak hendaknya berhubungan dengan baik antara satu kalimat dengan kalimat yang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur dan koherensi yang mendukung pembentukan abstrak dalam 5 jurnal Sinta 5 Politeknik Negeri Semarang. Secara random, diambil 2 abstrak pada masing-masing jurnal yang terbit antara tahun 2017-2022. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Pemilihan sumber data menggunakan teknik purposive sampling. Untuk menguji struktur abstrak digunakan pedoman penulisan jurnal dari penerbit Elsevier dan Sage. Untuk meneliti koherensi paragraph digunakan peranti koherensi sebagai parameternya. Hasil analisis terhadap abstrak menunjukkan bahwa tidak semua abstrak tersebut disusun dengan semua unsur pembangun sebuah abstrak. Pola terbanyak pada struktur abstrak adalah ^Latar Belakang^Tujuan^Metode^Hasil^ (sebanyak 9 abstrak atau 36% dari keseluruhan abstrak yang dianalisis). Hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada pengelola jurnal sebagai masukan untuk penulis dalam menyusun abstrak. Di samping itu, secara luas, hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai informasi bagi penulis-penulis pemula dalam menyusun abstrak pada karya tulis ilmiah/jurnal.
Kata kunci : abstrak, struktur, coherence, jurnal Sinta 5
As an introduction to the content of a journal, the abstract should be well structured so that it is easy to understand. The abstract building elements to provide complete information about the material or subject matter in the journal. The integration in the abstract is built with the element of coherence in its composition. The purpose of this study was to determine the structure and coherence that support the formation of abstracts in the 5 journals of Sinta 5 Semarang State Polytechnic. Randomly, 2 abstracts were taken in each journal published between 2017-2022. The research was conducted using a qualitative descriptive method. Selection of data sources using purposive sampling technique. To test the abstract structure, the guidelines for writing scientific papers Elsevier and Sage publication. To examine paragraph coherence, coherence tools are used as parameters. The results of the analysis of the abstracts showed that not all of the abstracts were composed with all the building blocks of an abstract. The most pattern in the abstract structure is ^Background (B)^Purpose (P)^Method(M)^Results (R)^ (9 abstracts or 36% of the total analyzed abstracts). The results of this study can be used as information for novice writers in compiling abstracts in scientific papers
Keywords : abstract, structure, coherence, the journal Sinta 5
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis kohesi dan koherensi pada abstrak skripsi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia dan daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Dwijendra. Semnalisa, 238–246.
Arifin, I. S., & Farida, A. N. (2020). Cohesion and coherence in the final project abstracts written by undergraduate students. ELT Forum: Journal of English Language Teaching, 9(2), 25–33. https://doi.org/10.15294/elt.v9i2.37785
Arono, & Arsyad, S. (2020). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagian Abstrak dan Pendahuluan Model Induktif Partisipatif pada guru SMA/SMK/MA dan dosen bahasa di Lubuk Linggau dalam peningkatan profesionalitas. Dedicatioan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 167–184. https://doi.org//doi.org/10.31537/dedication.v4i2.365
Guide for Authors. (n.d.). Retrieved December 29, 2022, from http://www.wma.net/en/30publications/10policies/b3/index.html.
Gunas, T., Beda, R., & Jem, Y. H. (2020). Cohesion and coherence aspects in the students’ writing performance at senior high schools. Joeel: Journal of English Education and Literature, 1(2), 57–67.
Instructions for JEE abstract formatting. (2011). 34, 2011.
Keraf, G. (1994). Komposisi (10th ed.). Nusa Indah.
Muhajir. (2021). Analisis struktural tiga cerpen bertema virus Corona. Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 17(1), 6–75.
https://doi.org/https://doi.org/10.33633/lite.v17i1.4438
Priyatmojo, A. S. (2021). Cohesion and coherence of students recount texts in Indonesia. Language Circle: Journal of Language and Literature, 15(2), 361–374. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/lc.v15i2.29003
Purbo-Hadiwidjojo, M. M. (1993). Menyusun Laporan Teknik (- (Ed.)). ITB.
Pusbindiklat Peneliti LIPI. (n.d.). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah - LIPI. -. Retrieved December 29, 2022, from https://www.yumpu.com/id/document/read/31008168/pedoman-penulisan-karya-ilmiah-lipi
Putra, E. D., Samudra, H., & Susanti, A. (2022). Cohesion and coherence: an analysis of the students narrative writing. Acitya: Journal of Teaching & Education, 4(1), 16–26. https://doi.org/https://doi.org/10.30650/ajte.v4i1.2287
Putra, F. P., & Astari, Y. (2022). Analysis of cohesion and coherence in the background of thesis written by English education study program students of IAIN Bengkulu in period September 2020. Bright: Journal of English Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(1), 79–80. http://repository.iainbengkulu.ac.id/7645/
Putu, W. I. D. (2006). Repetisi dalam karangan mahasiswa dan penanganannya. Humaniora, 18(1), 37–45. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jh.861
Saragih, E. E., & Septiani, S. N. (2017). An Analysis of The Cohesion and Coherence of Students’ Descriptive Writing. English Journal, 20(1), 34–45.
Setiawan, F. (2021). Cohesion and Coherence in Written Texts of Health Medical Laboratory Students. Indonesian EFL Journal, 7(1), 59. https://journal.uniku.ac.id/index.php/IEFLJ/index68.https://doi.org/10.25134/ieflj.v7i1.3991
Sudiar, N., Mafar, F., & Rosman. (2016). Evaluasi penulisan abstrak hasil penelitian Universitas Lancang Kuning. Humanus, 15(1), 72–82. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jh.v15i1.6414
Sundari, W. (2008). Analisis struktur pada genre abstrak artikel berbahasa Inggris. Lite: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 4(1), 44–57.
Suwandi. (2016). Coherence and cohesion: An analysis of the final project abstracts of the undergraduate students of PGRI semarang. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 5(2), 253–261. https://doi.org/10.17509/ijal.v5i2.1349
Swales, J. (1990). Genre analysis English in research setting. Cambridge University Press.
Zahra, G. M., Emilia, E., & Nurlaelawati, I. (2020). An analysis of cohesion and coherence of descriptive texts written by junior high school students. The Thirteenth Conference on Applied Linguistics (CONAPLIN 2020), 195–202.
DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v19i2.5005
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats