PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SMP KABUPATEN DEMAK

Tri Yunianto Agung Setiawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui dan menganalisis model evaluasi pendidikan karakter religius di SMP Negeri 2 Dempet, Kabupaten Demak; (2) mengembangkan model evaluasi karakter religius di SMP Negeri 2 Dempet khususnya dan SMP se-Kabupaten Demak pada umumnya, terdiri dari konsep, validasi, dan uji coba kelayakan model. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam pengambilan datanya, penelitian ini merupakan research and development (penelitian dan pengembangan) di bidang pendidikan. Strategi yang dilaksanakan dalam pengembangan pendidikan karakter religius di terapkan melalui visi dan misi. Pelaksanaan pendidikan karakter merupakan kebijakan kepala sekolah dan melibatkan seluruh komponen SMP Negeri 2 Dempet. Guru BK, PABP memiliki peran yang sangat besar dalam pendidikan karakter siswa. Beberapa kelemahan dalam pelaksanaan pendidikan karakter antara lain; 1) evaluasi dilaksanakan hanya di lihat dari pembiasaan pendidikan karakter, belum evaluasi secara substansi pembelajaran dan ekstra kurikuler; 2) pelaksanaan evaluasi belum menggunakan lembar observasi atau instrumen evaluasi pendidikan karakter. Model evaluasi pendidikan karakter yang ditawarkan peneliti adalah model evaluasi pendidikan karakter religius terintegrasi berbasis perilaku (EDI KARETE BAPER). Model ini terdiri dari 2 komponen utama yaitu; 1) evaluasi pendidikan karakter yang melihat perilaku peserta didik beragama muslim menggambarkan implementasi Rukun Iman dan Rukun Islam; 2) pelaksanaan evaluasi di laksanakan saat kegiatan pembelajaran, pembiasaan, dan ekstra kurikuler secara terintegrasi dalam kurikulum tingkat SMP. Model ini dilaksanakan secara terintegrasi dalam kegiatan ekstra kurikuler dan intra kurikuler. Evaluasi pembelajaran juga dilaksanakan tidak hanya untuk menilai kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa, tetapi juga untuk membentuk perilaku yang islami sesuai dengan norma agama. Berdasarkan hasil penilaian pakar model Edi Karete Baper layak untuk di ujicobakan.

Kata kunci : karakter religius, edi karete baper, perilaku islami  


The aims of this study were: (1) to find out and analyze the evaluation model of religious character education at SMP Negeri 2 Dempet, Demak Regency; (2) developing a model for evaluating religious character in Dempet 2 Public Middle School in particular and Demak District Junior High Schools in general, consisting of concept, validation, and model feasibility trials. This study uses qualitative methods in collecting data, this research is research and development (research and development) in the field of education. The strategy implemented in the development of religious character education is implemented through the vision and mission. Implementation of character education is the policy of the school principal and involves all components of SMP Negeri 2 Dempet. BK, PABP teachers have a very big role in student character education. Some of the weaknesses in the implementation of character education include; 1) the evaluation is carried out only in terms of character education habituation, not evaluating the substance of learning and extra-curricular activities; 2) the implementation of the evaluation has not used observation sheets or character education evaluation instruments. The character education evaluation model offered by researchers is a behavior-based integrated religious character education evaluation model (EDI KARETE BAPER). This model consists of 2 main components namely; 1) evaluation of character education that looks at the behavior of Muslim students describes the implementation of the Pillars of Faith and the Pillars of Islam; 2) the evaluation is carried out when learning, habituation and extra-curricular activities are integrated into the junior high school curriculum. This model is implemented in an integrated manner in extra-curricular and intra-curricular activities. Learning evaluation is also carried out not only to assess students' cognitive, affective and psychomotor abilities, but also to shape Islamic behavior in accordance with religious norms. Based on the results of the expert assessment, the Edi Karete Baper model is feasible for testing.

Keywords: religious character, edi karire baper, Islamic behavior


Keywords


karakter religius; edi karete baper; perilaku islami

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Asep dan Isop Syafei, Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Hikmah Teladan Bandung, dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Ainul Yaqin, Muhammad. 2017. Penguatan Karakter Religius berbasis Ekstrakurikuler Furudh Al Anniyah Pada Siswa SMP Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo. Tesis.

Anwar, Khoerul dan Choeroni, Model Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Budaya Sekolah Religius di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Dalam Al Fikri Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam. Volume 2 Nomer 2, Agustus 2019

Arikunto, Suharsimi dan Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Arisanti, Suci. 2019. Strategi Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan (Studi Multisitus di Sekolah Menengan Pertama Negeri 1 Jombang dan Sekolah Menengah Pertama Jombang). Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Ilam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Aslamawati, Yuli, dkk. 2011. Hubungan Religius Commitment Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Unisba. http://ejournal.unisba.ac.id.

Azzet, Ahmad Muhaimin. 2013. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Buchory M.S dan Tulus Budi. 2016. Implementasi pendidikan Karakter di SMP. Tesis. Program Pasca Sarjana Uiversitas PGRI Yogyakarta.

Effendy, Muhadjir. Agenda Reformasi Sekolah, Penguatan Pendidikan Karakter, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2017, Malang 29 April 2017, Universitas Negeri Malang.

Hambali, Muh dan Eva Yulianti. 2018. Ekstrakurikuler keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di Kota Majapahit. Dalam jurnal Pedagogik.

Judiani, Sri, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 16, Oktober 2010 93-94.

Kapitan, Yanner J, dkk. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter di Kelas VII. Dalam jurnal Pendidikan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Kemendikbud.

Kneller, George F. 1971. Introduction To The Philosophy of Education. New York: John Willey & Sons. Inc.

Kurniawan, Syamsu. 2016. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Lickona, Thomas. 2015. Educating For Character. Jakarta: Bumi Aksara.

Mardhotillah, Faridatul. 2013. Implementasi Kebijakan Sekolah dalam Upaya Pendidikan Karakter Melalui Program Pembiasaan Membaca Al Qur’an. Jurnal Kebijakan.

Moleong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2014. Menejemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyadi, Suprayekti, Fathia Fairuza. 2015. Evaluasi Program, Jakarta: Lembaga Pengembangan UNJ.

Nasrudin; Herdiana, Iyus; dan Nazudi Nif’an 2014. Pengembangan model pendidikan Karakter Berdasarkan Fitrah Manusia dalam Jurnal Pendidikan Nomer 3.

Purwoko. 2019. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Religius dan Disiplin di SMP IT Nurul Islam Tengaran. Tesis STAIN Salatiga.

Permatasari, Fetty dan Darmiyati Zuchdi. 2018. Analisis Muatan Pendidikan Karakter dalam Buku Ajar IPS SMP Kota Surakarta.

Rosyid, Ali Miftakhul. 2018. Aktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Kultur Sekolah dalam Pembelajaran IPS SMP. Dalam Jurnal Pendidikan IPS.

Sahlan, Asmaun & Prasetyo Teguh, Angga. 2017. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Setiawan, Sandi, Pendidikan Kewarganegaraan Bebasis Nilai Karakter Religius Sebuah Studi Kasus LKSA SMP IT Ulul Azmi Boarding School Cimahi. Tesis.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

UU No 20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I ketentuan umum, pasal 1 poin 1. https://www.slideshare.net/srijadi/ uu-no-20-2003- sistem pendidikan-nasional

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra, Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Wiyani, Novan Ardi. 2012. Pendidikan karakter berbasis Iman dan Taqwa.

Yogyakarta:Teras.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v19i2.5000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats