PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL MELALUI PROYEK VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Suminarsih Suminarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan keterampilan literasi digital melalui proyek video pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Belik pada materi Alat Optik. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan non tes. Hasil tes pemahaman konsep pada siklus I sebanyak 3 siswa (8,57 %) memperoleh nila A (sangat baik), 10 siswa (28,57%) memperoleh nilai B (baik), 17 siswa (48,57%) dan memperoleh nilai C (cukup), dan sejumlah 5 (14,28%) anak memperoleh nilai D (kurang). Ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 85,71% yang tuntas mencapai KKM (70) dengan nilai rata-rata  tes pemahaman konsep 74,83. Hasil angket keterampilan literasi digital peserta didik diperoleh bahwa sebanyak 30 (85,71%) siswa memiliki keterampilan literasi digital setelah mengerjakan proyek video pembelajaran, dan sebanyak 5 (14,29 %) peserta didik telah memiliki keterampilan literasi digital sebelum mengerjakan proyek video pembelajaran. Pada siklus II hasil tes pemahaman konsep  sebanyak 7 siswa ( 20 %) memperoleh nila A (sangat baik), 16 siswa (45,71%) memperoleh nilai B (baik), 10 siswa (28,57%), memperoleh nilai C (cukup), dan 2 (5,71%) siswa memperoleh nilai D (kurang). Ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 94,28% atau sebanyak 33 peserta didik yang tuntas mencapai KKM (70) dengan nilai rata-rata hasil  tes pemahaman konsep 80,46. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil tes pemahaman konsep peserta didik jika dibandingkan dengan siklus I. Peningkatan hasil pemahaman konsep sebesar  8,57%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan proyek video pembelajaran dapat menjadi salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika dan keterampilan literasi digital peserta didik.

This research aims to improve students’ understanding of physics concepts and digital literacy through video learning projects using the Project Based Learning model. The method used is class XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Belik on Alat Optik equipment material. The data collection tools in study are in the form of tests and non test. The results of concept understanding test in the fist cycle, 3 students obtained indigo A, 10 students obtained a B grade (good), 17 students obtained a C grade, and a total 5 students obtained a D grade (less).The classical completion of students was 85,71% who completed reaching KKM (70) with an average value  of 74,83 concept understanding tests. The results of the students had digital literacy skills after working on learning video projects, and as many as 5 students had digital literacy skills before working on learning video projects. In cycle II, results of concept understanding test that 7 students obtained indigo A (very good), 16 students obtained a B grade (good), 10 students obtained a C grade (sufficient), and 2 students a D grade (less). The classical completion of students was 94,28% or as many as 33 students who completed reaching KKM (70) with an average results of concept understanding test of 80,46. This shows an increase in the students  concept understanding test result when compared to cycle I. The increase in the results of  understanding the concept of  8,57%. The conclusion of this study is that the Project Based Learning (PjBL) learning model with a learning video project can be one of the learning models that can improve students  understanding of physics concepts and digital literacy skills.


Keywords


Literasi Digital; Pemahaman Konsep; Project Based Learning; Video Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ain, T. (2013). Pemanfaatan Visualisasi Video Percobaan Gravity Current Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 97–102.

Anshor, S. (2018). “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya” Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 9924, 88–100.

I. G. Winaya, I. W. Santyasa, I. D. P. R. R. (2013). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Video Untuk eningkatkan Prestasi Belajar Menulis Narasi Siswa Kelas VII5 I . G . Winaya , I . W . Santyasa , I . D . P . Raka Rasana Program Studi Teknologi Pembelajaran , Program Pascasarjana , Universitas P. Pendidikan, 3(1).

Kreasi, L., Media, P., & Pembelajaran, V. (n.d.). JAKARTA.

Musyriatul Fikriyah, dkk. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Disertai Media Audio Visual dalam Pembelajaran Fisika di SMA 4 Jember. Universitas Jember: Jember

Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

Pembelajaran, I., Untuk, D., Mutu, M., Sebagai, P., Diterapkannya, D., & Distancing, S. (n.d.). Albitar Septian Syarifudin Universitas Trunojoyo Madura , Jalan Raya Telang , Bangkalan. 31–34.

Putrawangsa, S. (2018). Desain pembelajaran: Design research sebagai pendekatan desain pembelajaran (Issue April). https://www.researchgate.net/figure/Desain-Pembelajaran-Design-Research-sebagai-Pendekatan-Desain-Pembelajaran_fig1_328334164

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Rila Setyaningsih, dkk. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, Volume 3 Nomor 6, Januari 2019, hlm 1200-1214

Sari, P. I., & Harjono, A. (2016). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa Abstract-- Discovery learning is a way of teaching that gives students the knowledge to construct a concept discovered through an experiment . The implementa. II(4), 176–182.

Silaban, B. (2014). Hubungan antara penguasaan konsep fisika dan kreativitas dengan kemampuan memecahkan masalah pada materi pokok listrik statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(1), 65–75.

Wahyuddin, K. (2019). Efektivitas Pembelajaran Interaktif Berbasis Whatsapp Group Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Celebes Education Review, 1(2), 105–111. https://doi.org/10.37541/cer.v1i2.191

Yulia Dyah Kristanti, dkk. 2016. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jember: Universitas Jember.

Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan VII 2019, 581–586. https://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/download/659/468

Wicaksono, M. F. (2017). Implementasi Modul WiFi NodeMCU ESP8266 Untuk Smart Home. Jurnal Teknik Komputer Unikom, 6. https://repository.unikom.ac.id/52451/1/1.komputika-vol6-m-fajar-w.pdf

Willems, J. L. (2004). Reflections on apparent power and power factor in nonsinusoidal and polyphase situations. IEEE Transactions on Power Delivery, 19(2),835–840. https://doi.org/10.1109/ TPWRD.2003.823182




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v19i1.4387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats