PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURUSMP NEGERI SUB RAYON 02 KABUPATEN DEMAK
Abstract
Kompetensi profesional guru SMP Negeri di Sub Rayon 02 Kabupaten Demak masih rendah, diduga dipengaruhi oleh keterampilan manajerial kepala sekolah yang belum optimal dan rendahnya disiplin kerja guru dalam melaksanakan tugasnya. Hasil penelitian ini adalah: (1) korelasi antara keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap komepetensi profesional guru sebesar 0,810 termasuk kategori sangat kuat. Besarnya pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru sebesar 65,6% dan sisanya 34,4% kompetensi professional guru dipengaruhi oleh variabel lainnya diluar variabel yang diteliti. Dengan persamaan regresi Ŷ= 33,329 + 0,784 X1. (2) Disiplin kerja guru mempunyai korelasi yang cukup kuat dengan kompetensi profesional guru yang ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,597) dan besaran pengaruh disiplin kerja guru terhadap kompetensi profesional guru sebesar adalah 35,7% dengan koefisien regresi Ŷ = 59,392 + 0,580X2. Sisanya sebesar 64,3% kompetensi profesional guru dipengaruhi oleh variabel selain disiplin kerja guru. (3) Besarnya pengaruh keterampilan manajerial Kepala Sekolah dan disiplin kerja secara bersama- sama terhadap kompetensi profesional guru diperoleh nilai Adjusted R square sebesar 0,664, artinya bahwa besarnya pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 66,4% dan sisanya 33,6% kompetensi profesional guru SMP Negeri di Sub Rayon 02 Kabupaten Demak dipengaruhi selain kedua variabel tersebut.
Kata kunci : keterampilan manajerial kepala sekolah, disiplin kerja guru, kompetensiprofesional guru
The professional competence of state junior high school teachers in Sub Rayon 02, Demak Regency is still low, allegedly influenced by the managerial skills of the principal who are not optimal and the teacher's work discipline is low in carrying out their duties. The results of this study are: (1) the correlation between the managerial skills of the principal on the professional competence of teachers is 0.810, including the very strong category. The magnitude of the influence of the principal's managerial skills on the professional competence of teachers is 65.6% and the remaining 34.4% of the professional competence of teachers is influenced by other variables outside the variables studied. With the regression equation = 33.329 + 0.784 X1. (2) Teacher work discipline has a strong enough correlation with teacher professional competence as indicated by a correlation value of 0.597) and the magnitude of the influence of teacher work discipline on teacher professional competence is 35.7% with a regression coefficient = 59.392 + 0.580X2. The remaining 64.3% of teachers' professional competence is influenced by variables other than teacher work discipline. (3) The magnitude of the influence of the principal's managerial skills and work discipline together on the professional competence of teachers is obtained by the Adjusted R square value of 0.664, meaning that the magnitude of the influence of the X1 and X2 variables on Y is 66.4% and the remaining 33.6% competence The professional teacher of SMP Negeri in Sub Rayon 02, Demak Regency is influenced in addition to these two variables.
Keywords : principal managerial skills, teacher work discipline, teacher professional competence
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Pandi. 2016. Concept & Indicator Human Resources Management for Management Research. Jakarta. CV Sentosa. Hal 10.
Aljabar. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sleman. Deepublish Publiser.
Aprianto. 2020. Pengantar Manajemen. Surabaya. Jakad Media Publishing.Hal 53.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aritonang, Keke T. 2005. “KompensasiKerja, Disiplin Kerja Guru Dan Kinerja 4 Th IV Juli 2005.
Atmodiwirio, Soebagio. 2002. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT.Ardadizya Jaya.
Congge, Umar. 2015. Potret Birokrat Lokal. Makasar: CV Sah Media. Hal 173.
Danim, Sudarman. 2007. Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dimyati, Azima. 2019. Pengembangan Profesi Guru. Lampung. Gre Publishing. Hal 49.
Handoko, T. Hani. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber DayaManusia. Yogyakarta: BPFE.
Hasibuan, Malayu S.P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi.Jakarta: Bumi Aksara.
------------, Zaenal Efendi. 2018. Pendidik Ideal Bangunan Character Building. Makasar. CV Sah Media. Hal 209- 211.
Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Kristanti, Desi. 2019. Kiat-Kiat Merangsang Kinerja Karyawan Bagian Produksi. Sleman. Deepublish.
Kristiawan, Muhammad, dkk. 2017. Manajemen Pendidikan. Sleman. Deepublish. Hal 23.
Mahmud, Hilal. 2015. Administrasi Pendidikan Menuju Sekolah Efektif. Makasar: Aksara Timur. Hal 61.
Malik, Nazarudin. 2018. Dinamika Pasar Tenaga Kerja Indonesia. Jogyakarta.CV Cempaka. Hal 168.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2010. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: PT Refika Aditama.
-----------------. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurkolis. 2003. Manajemen BerbasisSekolah. Semarang. Gramedia Widiasarana Indonesia. Hal 166.
Marwiyah. 2018. Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013. Jakarta. Salemba Empat. Hal 12-13.
Melayu, Hasibuan. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Bumi Aksara Haji Mulyasa, E. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: RemajaRosdakarya.
----------. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Munirah, 2020. Menjadi Guru Beretika dan Profesional. Solok. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Oktavian, Silva. 2016. Sikap dan Kinerja Guru Profesional. Sleman. Depublish. Hal 39.
Permendikbud Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetens Guru.
Riswadi. 2019. Kompetensi Profesional Guru. Ponorogo. Uwais Inspirasi Indonesia.
Robbins SP, dan Judge. 2008. Perilaku Organisasi.Jakarta: Salemba Empat.
Rofaah. 2016. Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Sleman. Depublish. Hal 60-62.
Salirawati, Das. 2018. Smart Teaching Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta. Bumi Aksara. Hal 35.
Sani, Ridwan Abdullah. 2020. Teaching Factory. Jakarta Bumi Aksara.
Sastrohadiwiryo, B. Siswanto. 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Septyana, Aldila. 2016. Pengantar Bisnis dan Manajemen. Pamekasan. Duta Media Publishing. Hal 133.
Sinambela, Lijan Poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Sitorus, Raja Marulitua. 2020. Pengaruh Manajerial Antarpribadi, Pimpinan Terhadap Disiplin kerja. Sleman.CV Permai. Hal 27-28.
Subyantoro, Arif. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jogyakarta. CV. Andi Offset.
Sudrajat, Usep dan Suwaji. 2018. Buku Ajar Ekonomi Manajerial. Sleman: Depublish. Hal 3.
Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyani, Rosidah.2009.Manajamen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:Graha Ilmu.
Sumanto. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia Memasuki Revolusi Industri 4.0.Bandung. Alfabeta. Hal 311.
Sunaryo, Karsam. 2018. Sistem Pengendalian Manajemen Perilaku Disfungsional Studi Empiris. Bogor: Cerdas Republika. Hal 34-35.
Susanto, Ahmad. 2006. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta.Prenada Media. Hal 11.
Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Tresnoingtyas, Fatma, dkk. 2020. Model Microteaching Beror ientasi Kecerdasan Emosional. Yogyakarta.Graha Ilmu. Hal 5.
Veithzal, Rivai. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Dari teori Ke Praktek. Jakarta. Rajawali Pers.
Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesional. Jakarta: Prestasi Jakarta.
Wijayanto, Dian. 2012. Pengantar Manajemen. Makasar. Depublish. Hal 3-4.
Yonata. 2020. Sumber Daya Manusia dan Normal Pendidikan. Bandung. Alfabeta. Hal 14.
DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v18i3.4373
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats