PALANG PINTU DENGAN ABSENSI BARCODE DAN DETEKSI SUHU BADAN BERBASIS ARDUINO

Dadi Dadi, Kusno Utamo, Andhy Prasetiyo, Muhammad Anwar Aziz

Abstract


Di masa pandemi ini kantor dan kampus merupakan tempat yang rawan untuk penyebaran Covid-19. Penyebaran virus ini sangatlah mudah dan bisa melalui beberapa media penyebaran. Untuk itu diperlukan upaya untuk dapat mengurangi penyebaran virus tersebut. Di setiap pintu masuk sebuah kantor atau kampus diperlukan alat untuk dapat mendeteksi gejala seseorang terjangkit virus tersebut, dalam hal ini kami mengambil gejala suhu badan yang tinggi. Selain itu diperlukan juga alat untuk absensi tanpa adanya interaksi antar manusia. Dengan memanfaatkan fungsi mikrokontroler maka dibuatlah sebuah Palang Pintu dengan Absensi Barcode dan Deteksi Suhu Badan Berbasis Arduino. Palang pintu ini dirancang dengan menggunakan barcode scanner, proximity obstacle sensor, sensor suhu, speaker, LCD, motor, dan juga Arduino Uno serta Arduino Nano sebagai mikrokontroler. Alat ini dibuat agar orang yang akan masuk langsung berinteraksi dengan alat. Jika identitas dan temperatur sudah terpenuhi, maka orang tersebut diijinkan masuk.

Kata kunci : Barcode, Sensor Suhu, Proximity, LCD, Motor, Absensi, Suhu


Keywords


barcode; sensor suhu; proximity; LCD; motor; absensi; suhu

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. 2018. Arduino & Sensor. Yogyakarta : Andi.

Giri Wahyu Pambudi. 2020. Belajar Arduino from Zero to Hero. Wonogiri : Creative Technology Indonesia.

Henny Sutrisno, Sri Teguh Widodo, Wardoyo. 2016. Pengetahuan Motor Listrik Arus Bolalk Balik. Klaten : Saka Mitra Kompetensi.

Kusdermawan, Indra dan Sutono. Perancangan Sistem Parkir Menggunakan RFID Berbasis Mikrokontroler. Bandung.

Makarim, Edwin Efriananda dan Irgo Rizky Nurcahyo. 2017. Alat Kontrol Portal Pada Tempat Parkir Sepeda Motor di Jurusan Elektro Polines dan Penghitung Jumlah Kendaraan. Semarang; Politeknik Negeri Semarang.

Sofyan, Asep Abdul. 2017. Sistem Keamanan Pengendali Pintu Otomatis Berbasis Radio frequency identification (RFID) dengan Arduino Uno R3. Jurnal Sissfotek Global.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v18i2.3808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats