MODUL SISTEM PRODUKSI PADA PROSES FABRIKASI, PENYIMPANAN, DAN PENGANGKUTAN MENGGUNAKAN PLC

Adi Wisaksono, Sri Kusumastuti, Muhamad Taufiq Irvani, Rensa Linanda

Abstract


Modular production system untuk tiga station memiliki perangkat masukan yang terdiri dari Sensor ReedSwitch, Inductive Proximity, Photoelectric, Sensor Warna, Pressure Sensor dan Sensor Fiber Optic. Sedangkan untuk perangkat keluarannya menggunakan Motor DC, Aktuator, Pilot Lamp, Tower Light, dan Buzzer. Dengan kendali program menggunakan PLC serta software Wago e!Cockpit, maka ketiga proses tersebut berjalan secara kontinu dan berkesinambungan dari station fabrikasi dengan kinerja untuk pengencangan screw, station penyimpanan untuk menyimpan produk hasil fabrikasi, dan outlet lifter sebagai station untuk mengembalikan palet ke proses awal. Dari ketiga modul tersebut, semua alat bekerja sesuai dengan tugas masing-masing dengan durasi waktu yang sesuai. Alat peraga modular production system ini digunakan sebagai modul pembelajaran bagi mahasiswa Politeknik Negeri Semarang.

Kata kunci : e!Cockpit, fabrikasi, penyimpanan, PLC, outlet lifter


Keywords


e!Cockpit; fabrikasi; penyimpanan; PLC; outlet lifter

Full Text:

PDF

References


Aldo P., & Riffendra. 2019. Alat Perancangan Human Machine Interface Untuk Sistem Otomasi Storage Berbasis Progammable Logic Controller (PLC). Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional Vol. 5 No. 1, 1-6.

Aziz, Ghozi. 2019. Perancangan MesinBor Otomatis untuk Meningkatkan EfisiensiPada Kelompok Kerja Back Post And Rib Di PT. YAMAHA INDONESIA.

Badan Pusat Statistik. 2019. Direktori Industri Manufaktur.

Dendin. 2018. Rancang Bangun Pemipil Jagung Otomatis Berbasis PLC. Bandung: Jurnal TEDC. No. 02, 1-10.

Hanif, Muhammad Harisuddin. 2017. Perancangan Sistem Otomatisasi Penyimpanan Barang Berbasis KlasifikasiRfid Pada Robot Pick And Place Menggunakan Programmable Logic Controller (PLC) Omron CPM1A. JurnalTransmisi Vol 19 No. 1, 1-7.

Putra, Muchlis Sendang. 2019. Pengaplikasian Sensor Warna pada Navigasi Line Tracking Robot Sampah Berbasis Mikrokontroller. Jurnal Politeknik Negeri Surabaya. No.01, 3-5.

Son, Lovely, & Firmansyah, Hendra. 2013). Pengembangan Sistem Mekatronika Pemindah dn Penyusun Barang tanpa Sensor Berbasis Mikrokontroller AT89S5. Jurnal Teknik Universitas Andalas, Vol 20 No. 02, 1-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v18i2.3807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats