KENDALI PID POSISI SUDUT PUTAR MOTOR DC DISERTAI GANGGUAN BERBASIS MYRIO

Achmad Fahrul Aji, Sihono Sihono, Bambang Supriyo, Vinda Setya Kartika, Abdurrohman Ali, Ayudia Rizqi Ashriyati

Abstract


Perkembangan teknologi pada dunia industri terus berkembang seiring dengan berkembangnya sistem kendali. Salah satu kendali yang banyak digunakan di industri adalah kendali Proportional Integral Derivative (PID). Tujuan penelitian ini adalah menambah alat peraga yang ada di Laboraturium Kendali Politeknik Negeri Semarang untuk modul pembelajaran kendali posisi sudut putar motor DC. Alat peraga ini dibuat untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang Teknik kendali khususnya kendali posisi sudut putar motor DC mengetahui respon sistem ketika diberikan gangguan untuk rentang sudut 0° hingga 360°. Alat ini menggunakan kendali PID yang berbasis NI MyRIO-1950 untuk pemroses masukan dan luaran agar luaran dari proses kendali menjadi lebih stabil. Sensor penyandi digunakan sebagai masukan yang menghasilkan keluaran berupa pulsa untuk dikonversi ke sudut dan diprogram menggunakan perangkat lunak LabVIEW. Adapun sensor inframerah FC-51 digunakan sebagai masukan untuk mengalibrasi sehingga jarum dapat bergerak menuju titik 0 secara otomatis. Pengujian difokuskan pada respon alat ketika diberikan gangguan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa masih terdapat selisih antara kesalahan keadaan tunak alat saat diberikan gangguan dan tidak diberikan gangguan, namun selisih angka tidak melebihi 5% sehingga layak digunakan sebagai alat penunjang praktikum laboratorium sistem kendali di Politeknik Negeri Semarang.

Kata kunci : LabVIEW, Motor DC, NI MyRIO-1950, PID


Keywords


LabVIEW; Motor DC; NI MyRIO-1950; PID

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2012. Kontrol Kecepatan Motor DC Menggunakan PID Kontroler Yang Ditunning Dengan Firefly Algorithm. Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik Dan Terapan, 3(2).

Prasetyo, H., Tarmukan, T., & Ikawanty, B. A. 2020. Implementasi Pengendali Posisi Sudut Motor DC Berbasis PID Dengan Interface Mikrokontroler dan Matlab Pada Laboratorium Sistem Kendali Digital. Jurnal Elektronika Dan Otomasi Industri,4(1).https://doi.org/10.33795/elkolind.v4i1.104

Supriyo, B., Dadi, Warjono, S., Wisaksono, A., Astuti, S., & Utomo, K. 2018. PID Based Air Heater Controller Implemented with Matlab/Simulink and Arduino Uno. Proceedings - 2018 5th International Conference on Information Technology, Computer and Electrical Engineering,ICITACEE2018. https://doi.org/10.1109/ICITACEE.2018.8576955

Yunanto, O. B., Syaefudin, I., L, P. R., H, S. A., & Supriyo, B. 2021. Kendali Tegangan Luaran Generator Dengan Beban Lampu Menggunakan Metode Proporsional Integral Derivatif ( Pid ) secara konvensional cenderung tidak stabil menambah fasilitas Laboratorium Kendali Politeknik Negeri Semarang sebagai modul pembelajaran motor . 17(1), 30–40.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v18i2.3806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats