RANCANG BANGUN SISTEM REKAPITULASI MEDIS DENGAN MEDIA QR CODE

Idhawati Hestiningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem rekapitulasi medis berbasis android dengan media QR Code. Sistem ini bertujuan untuk membantu pendataan dan digitalisasi rekam medis dari perkembangan kesehatan pasien rawat inap oleh dokter dan perawat pada saat melakukan proses visite. Sistem ini memiliki fitur utama dapat melihat dan memasukkan data rekam medis pada android setiap dilakukan visite serta mendata data diri pasien dan men-generate QR Code sebagai media identifikasi pasien satu dengan yang lainnya pada web administrator. Aplikasi ini sudah diuji dengan fungsi yang sudah ditetapkan dan berjalan dengan baik. Pengujian meliputi pengujian tampilan antarmuka sistem dan fungsionalitas fitur sistem. Berdasarkan hasil kuisioner didapatkan hasil persentase kepuasan pengguna sebesar 89,2% yang berarti sangat memuaskan.

Kata Kunci : rekapitulasi medis, rekam medis, QR Code, android, pasien rawat inap, visite


Keywords


rekapitulasi medis; rekam medis; QR Code; android; pasien rawat inap; visite

Full Text:

PDF

References


A. A. Kurniawan dan D. W. Utomo, “QR Code Mobile sebagai Pendukung Rekam Medik Berkas Rawat Jalan RS. St. Elisabeth Semarang,” Jurnal Pengembangan IT, vol. 03, no. 01, pp. 86–95, 2018.

A. R. Mulyanto, Rekayasa Perangkat Lunak, 2008, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

E. M. Takasana, S. R. Sentiwuno, dan A. M. Sambul, “Rancang Bangun Purwarupa Sistem Rekam Medik Berbasis Android Untuk Situasi Darurat,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2017.

E. R. Sedyaningsih, Permenkes No 340/MENKES/PER/III/2010 Tentang Klasifikasi Rumah Sakit, “Permenkes_340_2010_Klasifikasi Rumah Sakit.pdf.” 2010.

H. Setiawan, H. B. Setyawan, dan V. Nurcahyawati, “Rancang Bangun Aplikasi Rekam Medis Berbasis Web pada Klinik Rumah Safa Surabaya,” JSIKA, vol. 4, no. 2, 2018.

N. F. Moeloek, “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Optikal,” vol. 3, no. 1, pp. 1–14, 2016.

T. Handayani dan G. Feoh, “Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Web (Studi Kasus Di Klinik Bersalin Sriati Kota Sungai Penuh – Jambi),” Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 2, pp. 226–236, 2016.

Y. Y. Putranto, T. W. A. Putra, dan F. N. Hakim, “Rancang Bangun Sistem Informasi Rekam Medis Klinik Berbasis Web (Studi Kasus: Klinik Utama Meditama Semarang),” Jurnal Informatika. Upgris, vol. 3, no. 2, pp. 105–115, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v18i1.3565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats