ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM)

Bambang Sudarsono

Abstract


Keberadaan usaha kecil dan menengah (UKM) diyakini sebagai tonggak kebangkitan perekonomianIndonesia dari keruntuhan perekonomian sejak badai ekonomi pada tahun 1998 . Dengan adanyaprogram UKM dapat mempercepat pelaksanaan perekonimian nasiaonal dan liberalisasi perdagangandunia di Indonesia. Keberhasilan UKM menunjukkan kematangan persaingan global yang merupakannukuran dari sistem ekonomi yang didasarkan pada orang ekonomi. Orientasi kewirausahaan dan strategi bisnis diduga sebagai faktor pendukung keberhasilan UKM. Tujuan utama dari makalah ini adalah untukmencoba menganalisis hubungan antara kewirausahaan orientasi dan strategi bisnis di kinerja UKM.
Hasil pembahasan dari makalah ini menunjukkan bahwa UKM orientasi kewirausahaan dan biayastrategi bisnis kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Namun, untuk hubungan antara orientasi kewirausahaan dengan diferensiasi pemasaran dan strategi diferensiasi inovatif tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perusahaan.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v11i1.349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats