ANALISIS PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM)

Authors

  • Bambang Sudarsono Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32497/orbith.v11i1.349

Abstract

Keberadaan usaha kecil dan menengah (UKM) diyakini sebagai tonggak kebangkitan perekonomianIndonesia dari keruntuhan perekonomian sejak badai ekonomi pada tahun 1998 . Dengan adanyaprogram UKM dapat mempercepat pelaksanaan perekonimian nasiaonal dan liberalisasi perdagangandunia di Indonesia. Keberhasilan UKM menunjukkan kematangan persaingan global yang merupakannukuran dari sistem ekonomi yang didasarkan pada orang ekonomi. Orientasi kewirausahaan dan strategi bisnis diduga sebagai faktor pendukung keberhasilan UKM. Tujuan utama dari makalah ini adalah untukmencoba menganalisis hubungan antara kewirausahaan orientasi dan strategi bisnis di kinerja UKM.
Hasil pembahasan dari makalah ini menunjukkan bahwa UKM orientasi kewirausahaan dan biayastrategi bisnis kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Namun, untuk hubungan antara orientasi kewirausahaan dengan diferensiasi pemasaran dan strategi diferensiasi inovatif tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perusahaan.

Downloads

Published

2015-03-01

Issue

Section

Articles