PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN METODE STAD PADA PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN MATERI BUDIDAYA TANAMAN PANGAN KELAS X TKR 2 SMK NEGERI I TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.32497/orbith.v17i3.3450Keywords:
keaktifan belajar, hasil belajar, metode STADAbstract
Metode STAD merupakan Pembelajaran Kooperatif yang pada dasarnya adalah belajar bersama dalam kelompok,sehingga dalam proses belajar perlu adanya penekanan pada kerja kelompok. Namun pada akhirnya peserta didik tetap berkompetisi untuk menjadi peserta didik yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan tambahan informasi dan pemikiran tentang salah satu dari sekian banyak metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik. Keberhasilan penerapan model, pemilihan media,strategi,maupun pendekatan pembelajaran tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun penelitian ini setidaknya memberikan gambaran bagaimana seorang guru berusaha untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui proses pembelajaran yang berkualitas.
Pada saat pra siklus perolehan nilai peserta didik rata-rata 73 dan yang sudah mencapai KKM 58 %, tetapi setelah menggunakan model pembelajaran STAD, perolehan nilai peserta didik mengalami peningkatan menjadi 80,9 dan yang sudah mencapai KKM 88 %.
Kata kunci : keaktifan belajar, hasil belajar, metode STAD
References
Maryunis, Aleks. 2003.Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pemecahan Masalah. Padang: Kanwil Depdikbud Sumbar.
Mulyasa, 2004. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.
Wiriaatmadja, Rochiati.(2005). Metode Penelitian Kelas. Bandung. PPS UPI dan Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi, 2007. Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Isjoni, 2007. Pembelajaran Visioner Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sukidin,2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas: Insan Cendekia.
Sumiati, 2008. Metode Pembelajaran : Bandung : CV Wacana Prima.
Susilana, Riyana, 2008. Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.
Rasyid, Mansur, 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung :CV Wacana Prima.
Asrori,2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.
Rahayu, Endang, 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta : Sekarmita training.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).