PENGENDALIAN BEBAN DAYA INVERTER PADA SOLAR CELL BERBASIS PLC DI RUANG LABORATORIUM TIMUR GEDUNG BENGKEL LISTRIK POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

Syahid Syahid, Ari Santoso, Aji Hari Riyadi, Juwarta Juwarta, Agung Prastyo

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian sebelumnya terkait dengan otomasi dan kontrol. Pada penelian yang sudah pernah dilakukan yaitu terkait dengan rancang bangun monitoring dan kontrol kualitas air di bengkel listrik. Pada Penelitian ini dilakukan penelitian untuk pengendalian beban daya inverter pada Solar Cell. Sistem pengendalian beban daya inverter pada solar cell ini bertujuan mengendalikan beban untuk mengoptimalkan penggunaan energi matahari sebagai sumber pembangkit dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Sistem kontrol ini juga digunakan untuk mengurangi konsumsi energi listrik PLN pada Laboratorium Timur Bengkel Listrik. Hasil dari penelitiandan pengamatan data yang didapatkan kontrol beban daya inverter pada Solar Cell di Laboratorium Timur Bengkel Listrik berhasil dilakukan dan menhasilkan efisiensi penggunaan daya sebesar 60,76%.

Kata kunci : PLC ,solar cell, inverter, beban


Keywords


PLC; solar cell; inverter; beban

Full Text:

PDF

References


Syahid dkk, 2020, “Rancang Bangun Pengering Gabah Sistem Udara Vacum untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sido Rukun Di Desa Sidomulyo Kecamatan Adimulyo Kabupaten Kebumen”, Proceeding seminar SNPPM Universitas Negeri Jakarta.

Syahid, Bambang Supriyo, 2020, “Rancang Bangun Monitoring dan Kontrol Kualitas Air Purifikasi pada Tandon Penyimpanan Air Minum di Bengkel Teknik Listrik Politeknik Negeri Semarang”, Seminar Nasional Politeknik Negeri Semarang.

Syahid dkk, 2018, “Rancang Bangun Pintu Otomatis Berbasis Radio Frequency Identification ( RFID) di Laboratorium Teknik Listrik”, Laporan Penelitian Politeknik Negeri Semarang.

Syahid dkk, 2018, “Duble Security System With RFID And Password Based On Arduino Mega 2560”, seminar Internasional ITC, Politeknik Negeri Semarang.

Syahid dkk, 2012, “Rancang Bangun Robot Beroda Berbasis Android Menggunakan Komunikasi USB”, Laporan Penelitian Politeknik Negeri Semarang.

Syahid dkk, 2013, “Rancang Bangun Pengendalian Robot Beroda Berbasis arduino Menggunakan Komunikasi Wireless”, Laporan Penelitian Politeknik Negeri Semarang.

Syahid, Faizal Hermawan, 2015, “Smart Andro House (Kendali Beban Listrik Dengan Android )”, Seminar Nasional Politeknik Negeri Semarang.

Syahid, Ainun Widi Cahyaningrum, 2016, “Rancang Bangun Sistem Telemetring Secara Real Time Data Besaran Listrik Di Gedung Bengkel Listrik Politeknik Negeri Semarang ”, Seminar Nasional Politeknik Negeri Semarang.

Syahid, 2017, “Rancang Bangun Sistem Monitoring anak menggunakan Kamera CCTV Berbasis Android ”, Seminar Nasional SENTRINOV , Politeknik Negeri Malang.

https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/sosial/penggunaan-panel- surya-terus-didorong.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i3.3449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats