PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI GERAK VERTIKAL DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 1 PETARUKAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.32497/orbith.v17i3.3447Keywords:
motivasi belajar, hasil belajar fisika, model tipe JigsawAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar, (2) meningkatkan hasil belajar fisika materi gerak vertikal, dan (3) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model tipe Jigsaw dalam pembelajaran fisika materi gerak vertikal. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Petarukan. Objek penelitian ini adalah model tipe Jigsaw, motivasi belajar, hasil belajar, dan tanggapan siswa terhadap penerapan model tipe Jigsaw dalam pembelajaran fisika materi gerak vertikal. Data motivasi belajar siswa diperoleh melalui observasi pada setiap pertemuan, Penelitian ini dikatakan berhasil jika hasil belajar siswa mencapai minimal ketuntasan klasikalnya (KK) = 68%, motivasi belajar minimal berkategori tinggi, dan tanggapan siswa minimal berkategori positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar, hal ini ditunjukkan dari skor rata-rata motivasi belajar = 119.73 pada siklus I dan rata-rata motivasi belajar ¯= 119.49 pada siklus II. Hasil motivasi belajar pada kedua siklus berkategori tinggi. Pencapaian hasil belajar siswa pada siklus I, nilai rata-rata aspek kognitif =71.47 dengan KK = 72.73%, nilai rata-rata aspek psikomotor = 76,52, dan nilai rata-rata aspek afektif ¯ = 76,99. Siklus II, nilai rata-rata aspek kognitif = 77.45 dengan KK = 90.91%, nilai rata-rata aspek psikomoto = 79.08, dan nilai rata-rata aspek afektif = 81.06. Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw berkategori sangat positif dengan skor rata-rata = 83.30.
Kata kunci : motivasi belajar, hasil belajar fisika, model tipe Jigsaw
References
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. V. 2010. Kerangka pembelajaran untuk pembelajaran, pengajaran, dan assesmen. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2012. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (edisi revisi vi). Jakarta: Rhineka Cipta.
Baharuddin, H., & Wahyuni, E. N. 2007. Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Budiningsih, C. A. 2005. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Dahar, R. W. 2011. Teori-teori belajar dan pembelajaran. Bandung: Erlangga.
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Puskur Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S. B. 1994. Prestasi belajar dan kompetensi guru. Indonesia: Usaha Nasional.
Eggen, P. D. & Kauchak, P. D. 1996. Strategis for teachers teaching content and thingking skills third edition. Boston: Allyn dan Bacon.
Kemdikbud. 2014. Lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan RI nomor 59 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 sekolah menengah atas/madrasa aliyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nazir, M. 2003. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurkancana, I. W., & Sunartana, P. P. N. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Popham,W.J.&Baker,E.L.2008. Teknik mengajar secara sistematis. Diterjemahkan oleh: Amirul Hadi. Jakarta: Rineka Cipta.
Pranata, M. 2010. Teori multimedia instruksional. Universitas Negeri Malang.
Sadia.2014.Modelmodelpembelajaransainskonstruktivistik.Yogyakarta:Graha Ilmu.
Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sanjaya, W. 2009. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Santyasa, I. W. 2014. Assesmen dan evaluasi pembelajaran fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suastra. 2013. Pembelajaran sains terkini: Mendekatkan siswa dengan lingkungan alamiah dan sosial budayanya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sukardi. 2003. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Syah, M. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).