WASTAFEL PINTAR DILENGKAPI PANDUAN AUDIO VISUAL CUCI TANGAN

Sri Kusumastuti, Dadi Dadi, Faishal Adam Wicaksono, Faridlatul Ni’mah

Abstract


Penularan COVID-19 terjadi antar manusia melalui droplet, atau percikan cairan tubuh yang mengandung partikel SARS-CoV-2. Apabila seorang penderita COVID-19 tidak menutup mulut dan hidungnya saat batuk atau bersin, penderita akan mengeluarkan droplet berisikan virus. Droplet dapat menempel pada tangan penderita dan barang-barang di sekitarnya. Setiap orang dapat terpapar virus saat berjabat tangan atau menyentuh barang yang terkena virus dan terjangkit virus bila menyentuh mata, hidung, atau mulut tanpa mencuci tangan terlebih dulu.Salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan yaitu mencuci tangan secara rutin dan benar. Namun dalam kenyataannya masih terdapat kesalahan dalam mencuci tangan yaitu mencuci tangan dalam waktu kurang dari 20 detik serta mengabaikan celah-celah jari tangan. Penelitian ini membangun sistem pencuci tangan tanpa sentuhan dan memberikan edukasi cara mencuci tangan yang benar. Sistem dibuat menggunakan Arduino Uno sebagai pengontrol utama. Masukkan berupa sensor ultrasonik untuk mendeteksi jarak pengguna dan sensor inframerah untuk mendeteksi tangan. Luaran berupa pompa DC 12V untuk memompa air menuju kran, pompa DC 5V untuk memompa cairan sabun, sepiker untuk menyampaikan pesan suara dan tampilan kristal cair Raspberry Pi untuk menampilkan video tata cara mencuci tangan yang benar. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa secara fungsional alat ini dapat bekerja dengan baik, wastafel, pompa sabun, video panduan mencuci tangan dapat bekerja tanpa sentuhan.

Kata Kunci : Arduino Uno, Cuci Tangan, Raspberry Pi, COVID-19


Keywords


Arduino Uno; Cuci Tangan; Raspberry Pi; COVID-19

Full Text:

PDF

References


Asrul, dkk. 2021. Mesin Cuci Tangan Otomatis Menggunakan Sensor Proximity dan DFPlayer Mini Berbasis Arduino Uno. Jurnal Mosfet, 1(1), 01-07.

Bagus Adi Prastowo. 2020. Perancangan Sistem Wastafel Otomatis Dilengkapi Suhu Tubuh. Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammmadiyah Surakarta.

Hafizur, dkk. 2015. Rancang Bangun Sistem Wastafel Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega8535 Dengan Menggunakan Sensor Fotodioda. Jurnal Fisika Unand, 4(2), 106–112.

Prasetyo, D., & Jarwo. 2015. Perancangan Prototipe Alat Cuci Tangan Otomatis dengan Sensor Ultrasonik HC-SR04 Berbasis Pengendali Mikro Arduino Uno R3. Jurnal informatika dan Industri Cyber-Techn, 10 (1), 18–29.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i3.3445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats