PERANCANGAN SISTEM KONTROL PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID (PLN DAN PLTS) KAPASITAS 800 WP

Lilik Eko Nuryanto

Abstract


Pada saat ini, penerapan energi terbarukan sangat dibutuhkan untuk mengurangi pemakaian energi fosil yang semakin lama akan semakin habis. Pemanfaatan energi matahari diaplikasikan dengan membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Program Green Building pada Gedung Laboratorium Teknik Listrik Politeknik Negeri Semarang adalah salah satu cara pemanfaatan energi terbarukan, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Pembangkit ini menggunakan energi matahari sebagai sumber pembangkit yang kemudian diserap oleh panel surya. Perangkat tersebut juga dapat digunakan sebagai teknologi PLTH (Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid) yaitu dengan menggabungkan 2 sumber pembangkit, diantaranya listrik dari PLN dan backup daya atau PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid adalah penggabungan dua atau lebih sumber listrik, dalam hal ini PLN dan PLTS. Dalam sistem PLTH untuk mengintegrasikan dua sumber tersebut memerlukan perangkat diantaranya panel surya (4 buah panel 200WP), inverter, baterai 12V 100 Ah, panel kontrol, kabel, PLC dan software SCADA.

Kata kunci : PLTS, PLTH, Inverter, Hybrid, Besaran listrik, Baterai, Panel control, Software PLC, SCADA.


Keywords


PLTS; PLTH; inverter; hybrid; besaran listrik; baterai; panel control; software PLC; SCADA

Full Text:

PDF

References


Adrianti, Evaluasi Keandalan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Yang Terhubung Ke Grid, Vol: 5, No. 2, 2016, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Andalas.

Anwar Ilmar Ramadhan, Analisis Desain Sistem Pembangkit Listrik Tenaga SurKapasitas 50 WP, 2016, Jurusan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Konsep Kerja Sistem PLTS https://tenagamatahari.wordpress.com

Programmable Logic Control https://www.schneider-electric.co.id/id/

Rusman, Pengaruh Variasi Beban Terhadap Efisiensi Solar Cell Dengan Kapasitas 50 Wp, Vol. 4 No. 2, 2015, Jurnal Teknik Mesin Politeknik Negeri Samarinda.

Saputra, Muhammad Adhijaya, Inovasi Peningkatan Efisiensi panel Surya Berbasis Fresnelsolar Concentrator Dan Solatracker, 2010, Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri ITS Surabaya.

System Instalasi Cara Pemasangan Panel Sury http://indosolarcell.com.

Syukri, Mahdi dan Suriadi, Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpadu Menggunakan Software PVSYST Pada Komplek Perumahan di Banda Aceh, Vol. 9, No. 2, 2010, Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i3.3443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats