RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING TUMBUH KEMBANG BALITA BERBASIS ANDROID

Idhawati Hestiningsih, Kurnianingsih Kurnianingsih, Desi Wulan Suci, Unaisa Mutia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem monitoring tumbuh kembang balita berbasis android. Sistem ini bertujuan untuk membantu pencatatan dan digitalisasi tumbuh kembang balita bagi petugas posyandu dan bagi ibu dapat memonitoring tumbuh kembang balita yang sebelumnya hanya dapat dilihat melalui buku Kartu Menuju Sehat (KMS). Sistem ini memiliki fitur utama yaitu untuk melakukan pencatatan tumbuh kembang balita meliputi berat badan, tinggi badan, status gizi, pemberian vitamin dan obat cacing, imunisasi, jadwal kegiatan, dan chat bagi petugas posyandu. Bagi ibu balita terdapat fitur untuk melihat perkembangan balita melalui grafik yang terdapat pada aplikasi, informasi tentang imunisasi, pemberian vitamin dan obat cacing yang diperoleh balita, jadwal kegiatan, serta fitur chat untuk diskusi tentang kesehatan balita dengan petugas. Dari hasil pengujian terhadap kader dan petugas puskesmas menggunakan metode kuisioner didapatkan hasil 80% yang berarti sangat memuaskan dan terhadap ibu balita didapatkan hasil 86,85% yang berarti sangat memuaskan juga.

Kata Kunci : monitoring, tumbuh kembang, balita, buku KMS, Android


Keywords


monitoring; tumbuh kembang; balita; buku KMS; Android

Full Text:

PDF

References


I. K. Rahmawati, H. Hasanah, J. Maulindar, “Aplikasi Monitoring Status Gizi Tubuh Balita Dengan Metode Z Score Berbasis Android,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Bisnis (Senatib), 2017, Pp. 147–154.

I. Verawati, R. T. Kuncoro, “Pembuatan Sistem Informasi E-Posyandu Berbasis Website Terintegrasi Aplikasi Mobile,” 2019, Pp. 464–469.

K. Muludi, N. Kurniasih, A. Aristoteles, M. Iqbal, “Rancang Bangun Aplikasi Kartu Menuju Sehat (E-KMS) pada Platform Android,” Vol. 07, No. 1, Pp. 70–82, 2020.

M. Amrillah, “Pengembangan Aplikasi Kartu Menuju Sehat Berbasis Android Menggunakan Metode Extreme Programming,” 2018.

Roger S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi, Andi, Yogyakarta, 2015.

S. Hernanda, W. Yustanti, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Tumbuh Kembang Balita Berbasis Android,” Vol. 6, No. 1, Pp. 1–5, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i3.3442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats