PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI Q.S. LUQMAN/31: 13-14 DAN Q.S. AL-BAQARAH/2: 83 PADA PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA.2 SEMESTER GENAP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DAN PENDEKATAN SAINTIFIK SERTA APLIKASI KINEMASTER
DOI:
https://doi.org/10.32497/orbith.v17i3.3441Keywords:
model cooperative learning, pendekatan saintifik pembelajaran PAI-BPAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran peserta didik kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Belik pada pembelajaran PAI-BP masih kurang, pada kegiatan pembelajaran masih banyak peserta didik yang pasif, dan bergantung pada penjelasan guru. Hal ini berakibat pada pencapaian hasil belajar baik pada kompetensi pengetahuan maupun keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan model pembelajaran cooperative learning dan pendekatan saintifik pada peserta didik kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 1 Belik tahun pelajaran 2020/2021. PTK ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik meningkat sebesar 15,26%, dari 82% di siklusi I menjadi 97,26% di siklus II . Ketuntasan klasikal hasil belajar kompetensi pengetahuan meningkat dari 50% pada prasiklus menjadi 69,44% pada siklus I dan menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan klasikal keterampilan peserta didik meningkat dari prasiklus 63,64% menjadi 69,44% di siklus I dan meningkat lagi menjadi 100% di siklus II. Untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, agar guru didalam mengajar lebih menarik dan bermakna hendaknya guru melaksanakan tindakan sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Kegiatan pembelajaran PAI-BP dengan menggunakan model model pembelajaran cooperative learning dan pendekatan saintifik serta aplikasi KineMaster mampu meningkatkan minat belajar peserta didik terbukti pada akhir siklus dari 36 peserta didik, 100% peserta didik menunjukkan yang baik pada pembelajaran PAI-BP
Kata Kunci : Model cooperative learning, pendekatan saintifik pembelajaran PAI-BP
References
Abidin, Yunus. 2014 Desain Sistem Pembelajaran dalam Konten Kurikulum 2013, Penerbit: Refika Aditama. Kota Terbit/ Tahun,: Bandung
M Hosnan . 2016 Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor. Penerbit Ghalia Indonesia
Patimah, Risah, 2020, Praktek Edit Video melalui Aplikasi Gratis di Android, Sekolah GuruIndonesia. https://www.sekolahguruindonesia.net/praktek-edit-video-melalui-aplikasigratis-di-android/
Suparjiono Agus.2009 Cooperative Learning teori dan aplikasi Paikem, model Cooperative Learning: Penerbit Pustaka Pelajar ISBN: 978-602-8479-10-3
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).