MODEL PEMBELAJARAN ENGLISH FOR SPESIFIC PURPOSES DENGAN PENDEKATAN KOMPETENSI KOMUNIKATIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.32497/orbith.v11i3.320Abstract
Penelitian ini focus pada suatu pengembangan model pembelajaran untuk english for specific purposes(ESP) dengan pendekatan kompetensi komunikatif yang mengutamakan pentingnya pendidikan karakter.
Ada dua permasalahan penelitian yaitu: a). Masalah apakah yang muncul dalam pembelajaran ESP di
perguruan tinggi dan lembaga pendidikan profesi ? dan b) Bagaimana proses pengembangan model
pembelajaran ESP dengan pendekatan kompetensi komunikatif (Communicative competence) berbasis
pendidikan karakter untuk meningkatkan soft skill mahasiswa di perguruan tinggi dan lembaga
pendidikan profesi? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana proses pengambilan
data dan penyusunan instrument penelitian dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu tahap analisa
kebutuhan, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap uji coba produk
(Sugiyono, 2010: 409-426). Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan dimana para siswa di kelas
yang menerapkan model pembelajaran ESP dengan pendekatan komnunikatif berbasis pendidikan
karakter lebih terdorong semangatnya untuk belajar bahasa Inggris, lebih berminat pada mata kuliah
ESP Hospitality dan timbul rasa lebih berani untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).