MODEL PEMBELAJARAN UNTUK TAMAN KANAK-KANAK BERBASIS WEB

Dewi Driyani, Dewi Mustari

Abstract


Salah satu pendidikan formal adalah Taman Kanak – Kanak, tujuan sekolah taman kanak - kanak adalah
memfasilitasi tumbuh kembang anak secara menyeluruh dan lebih menekankan pada seluruh aspek
kepribadian anak. Oleh karena itu pendidikan untuk usia dini khususya taman kanak – kanak harus
memiliki sumber daya yang berkualitas. Bahan pelajaran yang baik serta di dukung oleh guru yang
berkualitas, sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar yang efektif dan efisien. Dalam penelitian ini,
dengan menggunakan Knowledge Management System (“KMS”) dapat membantu mengatasi masalah
seperti bahan ajar yang belum tersimpan dengan baik, metode pembelajaran masih di miliki oleh masing
– masing guru , dan sering terjadi pertukaran guru, sehingga mengakibatkan pihak sekolah sulit untuk
melakukan pengawasan dan monitoring terhadap proses pembelajaran disekolah. Metodologi penelitian
yang digunakan yaitu pembentukan knowledge menggunakan teori Nonaka yang dikenal dengan model
SECI (Socialization, Externalization, Combination, Internalization). Untuk analisis dan perancangan
sistem berorientasi obyek, penelitian ini menggunakan pemodelan UML. Dengan hasil sebuah model
bahan ajar untuk TK berbasis Web.


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v11i3.318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats