PENGASUTAN MOTOR TIGA FASA MEMAKAI DATA LOGGER

Achmad Hardito

Abstract


Saat ini perkembangan industri sangat pesat sekali. Motor induksi tiga fasa sering dipakai sebagai penggerak alat alat industri. Kelebihan motor ini punya konstruksi yang sipel, kuat, tangguh, harga yang relative murah, serta mudah perawatannya.
Permasalahan utama menggunakan motor ini adalah dalam hal starting motor, yaitu arus starting yang besar bisa mencapai empat sampai tujuh kali dari arus nominal. Akibatnya akan menyebabkan penurunan tegangan sementara yang mengganggu kestabilan suplai tegangan keperalatan listrik lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut dapat diatasi menggunakan metode pengasutan, dimana metode tersebut berfungsi untuk mengurangi arus starting pada motor.
Untuk mengatasi arus starting motor induksi tiga fasa menggunakan pengasutan dan pengukuran data logger. Ada empat metode pengasutan direct on line, softstarter, bintang segitiga yang menggunakan motor jenis rotor sangkar, dan tahanan asut yang menggunakan motor jenis rotor lilit. Ditambahkan pula data logger yang berfungsi encatat arus yang mengalir ke motor. Data yang diperoleh dapat dikonversikan ke personal computer (PC) dikonversikan melalui Microsoft Exel untuk dijadikan grafik. Sedangkan data logger tersebut, dapat digunakan untuk membandingkan arus starting yang dihasilkan pada setiap metode pengasutan.
Pengujian starting motor dilakukan dalam kondisi tanpa beban. Parameter yang diamati adalah arus starting dan arus running.

Kata kunci : motor induksi pengasutan, arus


Keywords


motor induksi pengasutan; arus

Full Text:

PDF

References


Arindya, Radita. 2013. Penggunaan Dan Pengaturan Motor Listrik. Yogyakarta: Graha Ilmu. Pyrhonen, Juha, Tapani Jokinen, dan Valerina Hrabovcova. 2008. Design of Rotating Electrical Machines. Alih Bahasa Hanna Niemela. UK: John Wiley & Sons, Ltd.

Wijaya, Mochtar. 2001. Dasar-dasar Mesin Listrik. Jakarta: Djambatan ---.2000. Peraturan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL2000), Desember. Jakarta.

Appangallo, Kesna Merdy. 2013. Kontaktor Sebagai Pengendali Motor Listrik.

Sumanto, M.A. 1998. Motor Listrik Arus Bolak — Balik Motor Induksi Motor Sinkron. Yogyakarta: Penerbit Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i2.2966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats