PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA BANTU GAMBAR KOMIK/ KARIKATUR PADA PESERTA DIDIK KELAS X TITL 3 SMK NEGERI 1 TONJONG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sri Hartati

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Pada siklus 1 hanya satu kali pertemuan dan pada siklus 2 dua kali pertemuan. Subjek penelitian peserta didik kelas X TITL 3 SMK Negeri 1 Tonjong dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia yang berjumlah 34 peserta didik. Proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia bagi peserta didik kelas X TITL 3 SMK Negeri 1 Tonjong semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019, dilaksanakan secara bertahap dalam dua kali pertemuan mulai bulan September sampai dengan Desember 2018.
Hasil tes awal Siklus I kemampuan menulis teks anekdot tanpa adanya intervensi penerapan pembelajaran berbantu media gambar karikatur adalah 53,01. Setelah pendidik memberi motivasi dan arahan kepada peserta didik, maka diperoleh hasil tes akhir peserta didik dalam Siklus 1 dengan nilai rata-rata 63,22. Hasil tes awal siklus 1 ke hasil tes akhir siklus 1 menunjukkan adanya kenaikan angka sebesar 10,21 yaitu dari nilai 53,01 menjadi 63,22. Hasil tes akhir dari siklus I ke siklus II, mengalami peningkatan dari 63,22 menjadi 73,74. Peningkatan nilai pada siklus I ke siklus II sebesar 10,52. Pada siklus II, dari 29 peserta didik, ada peserta didik yang mendapat nilai dengan kategori amat baik 17 atau 6,89%, dan 15 peserta didik (62,06%) memperoleh nilai dengan kategori baik, serta 2 peserta didik (31,03%) memperoleh nilai dengan kategori cukup.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan media bantu gambar komik/karikatur terhadap kemampuan menulis teks anekdot.

Kata kunci : kemampuan menulis, teks anekdot, media bantu gambar komik/karikatur


Keywords


kemampuan menulis; teks anekdot; media bantu gambar komik/karikatur

Full Text:

PDF

References


Gardner, Howard dan Thomas Harch. 1989. Multiple Intelligences Go To School. Education Researcher, 18, 8. Bumi Aksara

Joyce, B. and Weill, (1986), Models of Theaching, and-ed, Prentice-Hall.

Englewood Cliffs, New Jersey.Kompas. 2013. “Pelajaran Bahasa Berubah Arah” Pendidikan dan kebudayaan. Kompas 16 Februari.

Kosasih, Engkos. (2013). Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Khusnin. Peningkatan Kompetensi menulis Melalui pembelajaran Contextual Teaching learning (CTL) di kelas XI SMA 1 Cepiring Kabupaten Kendal. Morfema. Tahun 4. Nomor 6. April 2004 (12-20)

Marwoto, Suyatmi, dan Suyitno. 1985. Kompetisi Praktis. Yogyakarta: Hanindita

Riyanto, Yatim.(2009). Paradigma Baru Pembelajaran sebagai Referensi bagi Guru Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang efektif dan Berkualitas.

Sanjaya, Wira. 2010. Straategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan.Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung : alfabeta

Supriyono, Agus. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Jogyakarta: Pustak Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 1993. Menulis Sebagai Suatu ketrampilan Berbahasa. Jakarta: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i1.2948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats