PENGGUNAAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA LKS DAN KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI MATA PELAJARAN MATEMATIKA BAGI PESERTA DIDIK KLAS X TBSM 1 SMK NEGERI 1 TONJONG SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019
DOI:
https://doi.org/10.32497/orbith.v17i1.2946Keywords:
Team Game Tournament (TGT), media pembelajaran, keaktivan, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) keaktivan siswa terhadap pembelajaran matematika dan (2) hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika melalui model pembelajaran TGT berbantuan Media LKS dan Kartu Soal Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TBSM 1 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data tentang kondisi awal siswa diambil dari nilai ulangan sebelum dilakukan penelitian, hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian evaluasi (tes tertulis) setiap akhir siklus pembelajaran, dan keaktivan siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi.
Hasil penelitian terhadap pembelajaran matematika melalui pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) berbantuan media LKS dan Kartu Soal sebagai berikut : (1) keaktivan siswa menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 41,18% dari siklus I ke siklus II, dimana aktivitas siklus I sebesar 58,82% sedangkan pada siklus II sebesar 100% dan (2) hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan rata-rata nilai kelas sebesar 13,64 dimana pada siklus I sebesar 66,71 meningkat menjadi 80,35 dan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 29,41% dimana pada siklus I sebesar 70,59% dan siklus II sebesar 100%.
Kata Kunci: Team Game Tournament (TGT), Media Pembelajaran, Keaktivan, hasil belajar.
References
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta
Abidin, Muhammad Zainal. (2011). Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Andi Prastowo. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Asyar, Rayanda. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta
Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Basuki Wibawa dan Farida Mukti.2001. Media Pengajaran.Bandung: CV. Maulana.
Farida Aryani & Cecil Hiltrimartin. 2011. “Jurnal Pendidikan Matematika: Pengembangan LKS Untuk Metode Penemuan Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 18 Palembang”. Unsri, Vol. 5, No. 2, Juli 2011.
Hanggarwati, P. dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran TGT Dengan Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 1 Bitera. 6(3), hlm. 1-11.
Jamil Suprihatiningrum. 2016. Strategi Pembelajaran Teori &Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kemendikbud. (2014). Buku Guru Matematika Kelas X SMK Edisi Revisi. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2016). Silabus Matematika. Jakarta: Kemendikbud.
Kurniawati. 2009. Keaktifan Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Mijil Ari Setiawan, 2017. “Penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Kompetensi Alat Ukur Pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Sedayu Bantul”.Skripsi : UNY.
Mokhammad, 2018. Jenis-Jenis Media Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Contohnya. From : https://www.haruspintar.com/jenis-jenis-media- pembelajaran/. Diakses pada 8 Juni 2018.
Rusman.2014. Model-model Pembelajaran. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi pada proses. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.
Shoimin, A. (2014). model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Tyasning, D.M., dkk. 2012. Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Minyak Bumi Pada Siswa Kelas X-4 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.
Wasisto Dwi Doso Warso, Agus. 2018. Cara Mudah Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Cara Menghitung Nilai Angka Kreditnya. Yogyakarta: Graha Cendikia.
Yuli Akhwalina, 2010. “Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT pada materi pokok segitiga bagi siswa kelas VII D semester II SMP Negeri 1 Gajah Demak Tahun Pelajaran 2009/2010”. Sripsi : IKIP PGRI Semarang.
Yuni Pratama Wati dan Ismono. 2012. “Development Of Chemistry Student Worksheet On Main Material Acid, Base, and Salt With Science Process Skills Orientation For Pioneering International Standard Junior High School”. Vol. 1. No.1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).