ANALISA METODE PENGGALIAN TEROWONGAN JALAN TOL PEKANBARU – PADANG

Rikal Andani

Abstract


Pada perencanaan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru – Padang, terdapat rencana pembangunan terowongan, dimana dalam perencanaan terowongan diperlukan data kondisi geologi di permukaan dan bawah permukaan. Nilai kualitas massa batuan sebagai salah satu hasil penyelidikan geologi digunakan dalam desain metode penggalian terowongan dimana jenis batuan yang didapatkan dari daerah penelitian adalah batupasir kuarsa dengan sisipan batulanau yang memiliki tingkat pelapukan rendah hingga sangat tinggi. Analisis metode penggalian menggunakan ketentuan Pettifier dan Fookes (1994) dan Japan Society of Civil Engineers (JSCE, 2007), dimana dalam analisa tersebut diperlukan parameter parameter batuan dan tanah seperti nilai Rock Mass Rating (RMR) batuan permukaan dan bawah permukaan, pekerjaan laboratorium tanah dan batuan berupa indeks properties, petrografi batuan, dan point load test. Dari hasil analisis didapatkan metode penggalian yang tepat adalah Easy Ripping, Hard Ripping dan Very Hard Ripping dengan peralatan yang direkomendasikan adalah excavator dan road header. (Pettifer and Fokes, 1994). Tahapan penggalian terowongan mengacu kepada JSCE (2007) adalah kriteria C1, C2, D1 dan D2

Kata Kunci : penggalian terowongan, rock mass rating


Keywords


penggalian terowongan; rock mass rating

Full Text:

PDF

References


Barton, Nick, et al. Engineering Clasification of Rock Masses For The Design of Tunnel Support, 1974.

Barton, Nick, The Influence of Joint Properties in Modelling Jointed Rock Mass. 1995.

Barton, Nick. Rock Mass Characterization for Excavations in Mining and Civil Enineering, 2007.

Biniawsky, Z.T. Engineering Rock Mass Clasification Mining and Mineral Resources Research Institute. Pennsylvania State University, 1989.

Desyanti, Ariestianty, Susy K., Aldiamar, F. 2012. Naskah ilmiah : kajian Perencanaan dan Pelaksanaan Terowongan Pada Media Campuran Tanah – Batuan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan, Kementerian Pekerjaan Umum.

Elnusa (Tbk) PT, Final Report Jasa Geological Boring Survey & Seismic Refraction Survey Jalan Tol Ruas Pekanbaru – Padang (Seksi Pangkalan – Payakumbuh). Jakarta : Tidak dipublikasikan, 2018.

FHWA. 2009. Technical Manual for Design and Construction of Road Tunnels – Civil Elements. FHWA-NHI-10-034, December.

Japan Societyof Civil Enngineers (JSCE). 2007. Standard Spesifications for Tunneling-2006 : Mountain Tunnels. Tokyo ; JSCE.

Pettifer, G.S., Fookes, P.G. “A Revision of the Graphical Method forAssessing The Excavatability of Rock. “Quarterly Journal of Engineering Geology 27 (1994): 145-164.

Silitonga. P.H dan Kastowo. Peta Geologi Lembar Solok, Sumatera, Skala 1:250.000, 1 lembar. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i1.2945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats