KENDALI TEGANGAN LUARAN GENERATOR DENGAN BEBAN LAMPU MENGGUNAKAN METODE PROPORSIONAL INTEGRAL DERIVATIF (PID)

Bagus Yunanto, Imam Syaefudin, Puji Rahayu L, Sopyan Adi H, Bambang Supriyo, Samuel Beta

Abstract


Dunia kontrol dan kendali mengalami perkembangan guna membantu suatu proses pada industri. Salah satu contoh perkembangan kontrol dan kendali yaitu kendali PID untuk mengendalikan suatu proses sehingga luarannya dapat stabil. Pengendalian suatu proses yang dilakukan secara konvensional cenderung tidak stabil dan mengakibatkan gagalnya proses tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menambah fasilitas Laboratorium Kendali Politeknik Negeri Semarang untuk modul pembelajaran motor generator dengan kendali PID menggunakan NI MyRIO sebagai sistem akuisisi data dan LabView sebagai pemrogram kendali PID guna mendapatkan nilai PID yang benar untuk pengontrol putaran motor sehingga menghasilkan tegangan luaran generator yang stabil dan tidak terpengaruh oleh beban. Parameter kendali PID dicari menggunakan metode pendekatan penalaan manual agar memiliki luaran yang stabil sesuai dengan target. Kinerja kendali yang akan diamati yaitu tegangan berlebih, waktu naik dan eror keadaan stabil. Berdasarkan hasil percobaan tanpa beban nilai target yang paling baik adalah 15V dengan nilai Kp=17, Ki=0,023, Kd=0,003 dengan nilai tegangan berlebih 0V, waktu naik 14,1 detik dan eror keadaan stabil mendekati 0V. Pada percobaan dengan beban nilai target yang paling baik adalah 9V dengan nilai Kp=28,33, Ki=0,025, Ki=0,005, dengan setelah diberi 4 beban gelombang mencapai target kembali. Pada target 12V hanya dapat menaikkan 3 beban dan pada target 15V hanya dapat menaikkan 2 beban. Hal ini dikarenakan daya beban melebihi kemampuan dari pada generator.

Kata Kunci : Kendali PID, NI MyRIO, LabView, motor generator, penalaan manual


Keywords


Kendali PID; NI MyRIO; LabView; motor generator; penalaan manual

Full Text:

PDF

References


Allu, N., & Toding A. (2018). Sistem Kendali Matlab. Yogyakarta: Deepublish Sleman. Hal.153 Bintoro, A. G. (2000). Dasar-Dasar Pekerjaan Las. Yogyakarta: Kanisius Yogyakarta.

Ali, M. (2004). Pembelajaran Perancangan Sistem Kontrol Pid Dengan Software Matlab. Jurnal Edukasi@Elektro, 1(Oktober), 1–8.

Listiyarini, Ratih. (2018) Dasar Listrik dan Elektronika. Deepublish.

Bintoro, A. G. (2000). Dasar-Dasar Pekerjaan Las. Yogyakarta: Kanisius Yogyakarta. Hal.22-23 Handy Wicaksono. (2004). Analisa Performansi dan Robustness Beberapa Metode Tuning Kontroler PID pada Motor DC. Jurnal Teknik Elektro, 4(September), 70–78.

Hanggar, S., & Effendie, R. (2012). Perancangan dan Implementasi Kontroler Pid untuk Pengendalian Tegangan pada Generator Set. Jurnal Teknik POMITS, 1, 1–5. http://digilib.its.ac.id.

Tomar , G.S. & Bagwari, A. (2019). Fundamentals of Electronic Devices and Circuits. Springer Nature. Hal.201




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i1.2940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats