RANCANG BANGUN SENSOR GESTURE SEBAGAI PENGGANTI SAKLAR PENGONTROL LAMPU TANPA SENTUHAN

Suryono Suryono, Supriyati Supriyati

Abstract


Saklar adalah salah satu dari perangkat elektrik yang mempunyai fungsi sebagai pemutus atau menghubungkan sumber tegangan listrik dengan beban. Ada banyak jenis saklar yang digunakan dalam rangkaian instalasi tenaga listrik maupun cahaya. Pada rumah tangga, perkantoran, hotel, sekolah, kampus, mall, industri dan bangunan lainnya, saklar digunakan untuk mengontrol nyala dan matinya lampu. Untuk mengubah kedudukan saklar dari menghubung menjadi terputus atau sebaliknya dilakukan dengan cara menekan bagian knob yang biasanya terletak pada bagian tengah badan saklar. Dengan menggunakan saklar elektronik jenis sentuhan (touch switch), untuk menyalakan dan mematikan lampu, cukup dilakukan dengan menyentuh permukaan saklar. Jenis saklar jarak jauh (wire less) untuk menyalakan dan mematikan lampu dilakukan dengan menekan tombol “ON” atau “OFF” pada remote transmiternya. Saklar elektronik yang dibuat pada penelitian ini adalah dengan memanfaatkan sensor gesture yang diaplikasikan untuk mengganti saklar manual. Sifat dari sensor gesture adalah memberikan respon dalam bentuk data serial jika pada bidang atas sensor ada gerakan tangan. Data serial tersebut menjadi in-put dan diolah oleh arduino sehingga menjadi data out-put digital (0/1). Nilai data 0 atau 1 ini menjadi input Solid State Relai (SSR) yang berfungsi sebagai driver lampu, jika data 0 lampu mati, sebaliknya jika data 1 lampu nyala.

Kata kunci : sensor gesture, arduino, saklar, sentuhan


Keywords


sensor gesture; arduino; saklar; sentuhan

Full Text:

PDF

References


Budi Novianto. 2016. Rancang Bangun Kendali dan Monitoring Lampu dengan Teknologi Short Message Service (SMS), Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama, Surabaya.

Wika Janatul Uyun. 2017. Rancang Bangun Saklar Lampu dengan Perintah Suara Via Aplikasi Android Voicetooth Berbasis Arduino Uno. Jurusan Teknik Elektro Universitas Islam Malang.

Andri Susanto dkk. 2018. Rancang bangun Aplikasi Android Untuk Kontrol Lampu Gedung Menggunakan Media Bluetooth berbasis Arduino Uno. Program Studi Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Muhamadiyah Tangerang.

Chyusa Rizky Afryzar. 2018. Pengontrol Lampu Jalan Otomatis Berbasis Android dan Bluetooth. Prodi Teknik Informatika, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Muhammad Maknur dkk. 2018. Sistem Kendali Jarak Jauh Berbasis Web. Jurnal Cendekia. Volume : 16. Nomor : 2. 2018.

Andrianto, Heni, 2016. “ Arduino Belajar Cepat dan Pemogramannya". Informatika. Bandung.

Saptaji W, Handayani, 2015. Mudah belajar Mikrokontroller Dengan Arduino”. Widya Media. Bandung.

Syahrul, Muhammad, 2013. “Panduan Mudah Simulasi dan Praktek Mikrokontroller Arduino”. Percetakan Andi. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i1.2936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats