ANALISIS UJI KUAT TEKAN BETON DENGAN SUBSTITUSI KAPUR DAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI CAMPURAN SEMEN

Galih Adya Taurano, Julmadian Abda, Robi Fernando, Agung Bhakti Utama

Abstract


Pemanfaatan beton pada setiap pekerjaan konstruksi cenderung terus meningkat setiap tahunnya, sehingga bahan pembentuk beton terutama semen mengalami kenaikan harga yang cukup besar. Berdasarkan hal tersebut, penelitian untuk mengurangi kebutuhan semen dengan menambahkan bahan aditif yang mengandung silica perlu dilakukan seperti penggunaan kapur dan abu sekam padi/rice husk ash (RHA) sebagai bahan pengganti semen. Semen tipe 1 (pc), pasir Muntilan dan kerikil Muntilan digunakan sebagai bahan pembuat beton. Sedangkan abu sekam padi (RHA) diambil dari sisa pembakaran sekam padi pada produksi batu bata di daerah Karanganyar, sementara bahan kapaur diambil dari sentra produksi kapur di kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Persentase kapur dan abu sekam padi yang digunakan adalah 5%, 10% dan 15% dengan usia beton yang diuji kuat tekannya adalah 7 hari, 14 hari, 21 hari, 28 hari sehingga dapat dibandingkan dengan kuat tekan beton normal. Hasil uji kuat tekan beton menunjukkan bahwa kandungan 5% bahan inovasi (2,5% kapur dan 2,5% abu sekam padi) dalam campuran beton menghasilkan nilai kuat tekan beton yang lebih besar dibandingkan kuat tekan beton tanpa bahan inovasi.

Kata kunci: Abu Sekam Padi, Kapur, Beton, Kuat Tekan Beton


Keywords


Kata kunci: Abu Sekam Padi; Kapur; Beton; Kuat Tekan Beton

Full Text:

PDF

References


Andriyanta, Ridwan dkk., 2011, Laporan Mix Design dan Pengujian Beton. https://www.academia.edu/3342349/laporan_beton, Yogyakarta.

Depertemen P.U., 1998. SNI-03-4804-1998 (Metode Bobot Isi dan Rongga Udara dalam Agregat), LPMB, Bandung.

Maria, dkk, 2014. Pemanfaatan Abu Sekam Padi Dengan Treatment Hcl Sebagai Pengganti Semen Dalam Pembuatan Beton. Universitas Kristen Petra. Jawa Timur.

Tri Mulyono, 2013. Kapur Sebagai Bahan Tambah Untuk Beton Normal, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.

Setiyarto, Y. Djoko (2017). Potensi Penggunaan Abu dan Kapur untuk Mengurangi Jumlah Semen dalam Campuran Beton. Prosiding Saintiks FTIK UNIKOM, VII, 37-42.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i1.2935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats