DESAIN ANTENA MIKROSTRIP CROWN PATCH DENGAN SLOT LINGKARAN UNTUK JARINGAN WIRELESS LAN PADA FREKUENSI 2,4 GHZ

Yenniwarti Rafsyam1, Alifia Syifa Fauziah, Jonifan Jonifan

Abstract


Perkembangan dunia teknologi menunjukkan peningkatan yang signifikan pada era modernisasi, terutama di bidang wireless. Wireless Local Area Network (WLAN) merupakan pemanfaatan teknologi wireless yang memerlukan antena sebagai penghubung antara pemancar dan penerima dalam menangkap gelombang elektromagnetik untuk dipancarkan. Antena yang dibutuhkan yakni memiliki biaya pembuatan murah, berukuran kecil serta mudah diintegrasikan dengan peralatan lain sehingga antena yang cocok yakni antena mikrostrip. Pada penelitian ini akan dibahas tentang rancang bangun antena mikrostrip crown patch dengan slot lingkaran sebagai transmitter yang bekerja pada frekuensi 2,412 GHz, menggunakan substrat FR 4 epoxy dengan konstanta dielektrik ( r) = 4,3, ketebalan substrat (h) = 2,5 mm, dan ketebalan tembaga (t) = 0,1 mm. Dimensi antena mikrostrip didapatkan dari perhitungan dan hasil perhitungan akan disimulasikan menggunakan software CST Microwave Studio Suite 2015. Nilai parameter antena yang diinginkan memiliki spesifikasi return loss < -10dB, VSWR < 2, dan gain >3 dB dengan pola radiasi bidirectional. Hasil pengukuran parameter antena didapatkan nilai yang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan yaitu return loss = -30,0530 dB, VSWR = 1,0695. Hasil pengujian kinerja antena yang didapatkan adalah kualitas level sinyal terbesar 48 dB dan kecepatan transfer data sebesar 44,4 Mbps.

Kata Kunci : Antena Mikrostrip, Crown Patch, WLAN, Frekuensi 2,4 GHz


Keywords


antena mikrostrip; crown patch; WLAN; frekuensi 2,4 GHz

Full Text:

PDF

References


Darsono., M.,2008. “Perancangan Antena Mikrostrip Patch Segitiga Polarisasi Lingkaran untuk Aplikasi Global Positioning Service (GPS) pada Satelit Mikro LAPAN-TUBSAT”. Jurnal Teknik Elektro, Vol.18 No.2.

Farid., 2016. “Perancangan dan Realisasi Antena Mikrostrip Patch Circular 2.4 GHz untuk Aplikasi Wireless LAN” .hhtp://elib.unikom.ac.id (diakses 23 Juli 2018).

Ike, Yuni., 2015. “Materi Antena”. http://repository.mercubuana.ac.id (diakses 22 Juli 2018).

Lubis, Zulkifli., 2014. “Pengaruh Possi Antena Terhadap Sinyal Gelombang Antena Yagi Alumunium”. Jurnal Dinamis, Vol.II No.14.

Saputro, Setyaji., Fadilla, Dwi., Yuwono, Rudy., 2015. “Perancangan Antena Mikrostrip Crown Patch dengan Slot Lingkaran untuk Aplikasi CCTV New 3000 Microwave Image Transmission System dengan Frekuensi Kerja 2,4 Ghz”. 2015. Malang.

Syahrial., Munadi, Rizal., Malik, Abdul., 2015.”Analisis Perbandingan Kualitas Jaringan LAN(WLAN) dengan Menggunakan Antena Eksternal Yagi 2.4 GHz dan Grid .4 GHz”. Seminal Nasional Teknik Elektro.

Utami, Dwi., Setiajati, Dalu., Pebrianto, Daniel. 2017.”Rancang Bangun Antena Mikrostrip Persegi Panjang 2.4 GHz untuk Aplikasi Wireless Fidelity (Wi-Fi)”. Jurnal Nasional Teknik Elektro, Vol.6 No.3.

www.elib.unikom.ac.id ( diakses 22 Juli 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v16i2.2102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats