RANCANG BANGUN APLIKASI MUSEUM SANGIRAN DENGAN DETEKSI QR CODE BERBASIS ANDROID

Idhawati Hestiningsih, Parsumo Rahardjo, Andi Agus Triwidodo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi Sangiran berteknologi deteksi QR Code pada smartphone android sehingga membantu pengunjung untuk lebih memahami fosil di Museum Sangiran. Aplikasi dibuat menggunakan metodologi waterfall, perangkat lunak Eclipse dan PhoneGap. Dengan aplikasi ini pengunjung dapat melakukan pemindaian QR Code yang terdapat pada fosil dan muncul informasi dalam bentuk suara mengenai sejarah fosil. Aplikasi Sangiran juga memiliki fitur navigasi yang dapat digunakan untuk menunjukkan arah pengguna aplikasi dari tempat pengguna berada menuju Museum Sangiran dan juga menampilkan denah museum beserta lokasi pengguna di area museum. Aplikasi ini telah diuji coba menggunakan metode kuisioner dengan hasil tingkat kepuasan pengguna aplikasi sebesar 85,73% yang berarti pengguna aplikasi merasa puas dengan fungsi dan fitur yang terdapat pada aplikasi.

Kata kunci : museum Sangiran, QR Code, Android, Eclipse, PhoneGap


Keywords


museum Sangiran; QR Code; Android; Eclipse; PhoneGap

Full Text:

PDF

References


Jawi, I.G.B, Supriyono, H., “Pemindaian QR Code Untuk Aplikasi Penampil Informasi Data Koleksi di Museum Sangiran Sragen Berbasis Android”, 2017, Jurnal Emitor Vol.17 No. 1 Tahun 2017.

Oktrivia, U., “E-Museum: Komodifikasi Informasi Koleksi Museum”, 2014, Jurnal Naditira Widya Vol. 8 No.1 Tahun 2014.

Narayanan, A.S., 2012, “QR Codes and Security Solutions”, International Journal of Computer Science and Telecommunications Volume 3, Issue 7, July 2012.

Jevremovic, V., Petrovski, S., 2012, “Museum – Augmented Reality and QR Codes Enabled Mobile Platform with Digital Library, used to Guerrilla Open the National Museum of Serbia”, 18th International Conference on Virtual Systems and Multimedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v16i2.2095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats