RANCANG BANGUN PENGISI MINUMAN BERDASARKAN TINGGI WADAH

Sri Kusumastuti Sri Kusumastuti

Abstract


Kebanyakan industri menggunakan konveyor hanya untuk memproduksi satu jenis produk saja. Pada produksi minuman kemasan, produk yang sama dengan volume berbeda dibutuhkan konveyor yang berbeda. Hal tersebut sangat tidak efesien karena banyak konveyor yang digunakan. Penelitian ini merancang dan membuat pengisi minuman dengan dua varian volume berdasarkan tinggi wadah menggunakan Programable Logic Controller (PLC). Pada proses produksi, wadah rendah maupun wadah tinggi diangkut dalam satu konveyor. Pada proses pengisian air minum, lama pengisian berdasarkan tinggi wadah. Tinggi wadah ditentukan oleh dua sensor photoelectric(S2dan S3). Saat sensor S2 saja yang on, wadah yang terdeteksi adalah wadah rendah dan jika sensor S2 dan S3 on, wadah yang terdeteksi adalah wadah tinggi. Minuman dialirkan ke wadah melalui solenoid valve 2 dengan program timer. Solenoid valve 2 hanya dapat mengisi minuman ke setiap wadah jika level awal air minum tampungan berada pada ketinggian S1(sensor proximity capasitive). Dari hasil pengujian didapatkan tingkat kesalahan rata-rata untuk proses pengisian wadah rendah 0.2 % dan tingkat kesalahan rata-rata untuk proses pengisian wadah tinggi 0.246 %.

Kata kunci: minuman ,konveyor, PLC


Keywords


minuman; konveyor; PLC

Full Text:

PDF

References


Anshori, Arif Main dkk. 2013. Modul Pneumatic dengan 2 Sensor Ketinggian Berbasis PLC. Tugas Akhir. Semarang. Jurusan Teknik Elektro Polines.

Setiawan, Iwan. 2006. Programmable Logic Controller dan Teknik Perancangan Sistem Kontrol. Yogyakarta : Andi.

Moch. Akbar Ramadhan A.F., Sumardi, Budi Setiyono. 2015. Perancangan Sistem Pengemasan Virgin Coconut Oil (VCO) Menggunakan Program Logic Control (PLC) Pada Perangkat Keras Konveyor, TRANSMISI,17,(2),e-ISSN 2407- 6422 , 54.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v16i1.2072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats