PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS KOMPETENSI DASAR MENANGKAP MAKNA PADA LIRIK LAGU MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PAGUYANGAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.32497/orbith.v15i3.1897Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pembelajaran menggunakan model Quantum Learning dengan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris KD menangkap Makna pada Lirik Lagu di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Paguyangan Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019, waktu penelitian berlangsung selama kurang lebih 3 bulan dengan 2 siklus. Tiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Terdapat peningkatan motivasi belajar (hasil pengamatan) pada prasiklus 54.6%, pada siklus I sekitar 66.16 % dan pada siklus II mencapai 85.78 %. Motivasi belajar ( hasil quesionair ) pada prasiklus 22,6 %, pada siklus I sekitar 29,24 % dan pada siklus II mencapai 38,3 %. Motivasi belajar ( Hasil wawancara ) pada prasiklus 55,7 %, pada siklus I sekitar 28,8 % dan pada siklus II mencapai 27,8 % ( hasil wawancara menunjukan semakin kecil prosentase rata-rata berarti semakin termotivasi). Hal ini juga terlihat pada hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model quantum learning dengan pendekatan konstruktivisme. Hasilnya lebih baik dan prosentase ketuntasan belajar pun lebih tinggi dari pada sebelumnya dimana pada prasiklus 42,31 %, pada siklus I sekitar 69,23 % dan pada siklus II mencapai 92,31 %.
Kata Kunci: motivasi, hasil belajar, quantum learning, konstruktivisme.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Admojo, dkk, 2005. Kamus Lengkap (Inggris-Indonesia, Indonesia-inggris). Semarang: CV. Widya Karya.
Bobbi De Porter & Mike Henacki. 2001. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Dell Publishing. New York.
Colin Marsh. (1996). Handbook for beginning teachers. Sydney: Addison Wesley Longman Australia Pry Limited.
Halliday, M.A.K., Hasan, Ruqaiyah. 1989. Language, context, and text: Aspects of language in a social-semiotic perspective. Deakin University. Victoria 3217.
Halliday, M.A.K., Hasan, Ruqaiyah. 1994. Cohesion in English. Longman. London and New York.
Haslan.2011. Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Model Quantum Learning. Jurnal Pendidikan bahasa dan Sastra Tahun 10, No. 1. Kendari.
https://kelaspakpris.blogspot.com/2015/11/langkah-langkah-pendekatan.html, Kamis, 26/09/2019. 19.55.
http://expresisastra.blogspot.co.id/2013/07/angket-motivasi-siswa-terhadap.html, Senin, 2 Jan 2017, 2:38.
http://www.matrapendidikan.com/2016/11/pengertian-belajar-dan-prestasi-belajar.html, senin, 2 Jan 2017. 3:07.
.
http://www.matrapendidikan.com/2016/11/apa-itu-hasil-belajar-siswa.html, Senin. 2 Jan 2017.3:12.
https://taufikhidayat93.blogspot.co.id/2016/04/makalah-penerapan-model-quantum.html, 9 Jan 2017. 10:16 AM.
https://idtesis.com/contoh-tesis-pendidikan-pendekatan-model-quantum-learning/. 9 Jan 2017. 10:26 AM.
http://mariamasihidup.blogspot.co.id/2013/11/penilaian-non-tes-observasi-wawancara.html, Minggu, 29 Januari 2017. 19:29.
http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-hasil-belajar-siswa-definisi.html, 3:23.
http://sakinahninaarz009.blogspot.co.id/2014/06/macam-macam-pendekatan-pembelajaran.html, senin, 6 Desember 016. 1:30.
http://belajarpsikologi.com/pengertian-model-pembelajaran/Kamis, 29 Desember 2019. 14:03.
http://www.eurekapendidikan.com/2014/12/pendekatan-pembelajaran.html, kamis, 29 Des 2016: 14:30.
http://krizi.wordpress.com/2011/09/12/pendekatan-konstruktivis/kamis, 29 Des 2016. 14:52.
Nunan, David. 1989. Research Methods in Language Learning. Cambridge.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran kontekstual dan Penerapan dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Rumah Indonesia.
Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motovasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja.
Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).