RANCANG BANGUN TIMER TERPROGRAM DENGAN TAMPILAN LAMPU TIGA WARNA SEBAGAI PEWAKTU PADA KEGIATAN SEMINAR

Suryono Suryono, Supriyati Supriyati

Abstract


Timer adalah salah satu peralatan yang mempunyai fungsi sebagai pembatas waktu kerja suatu alat yang cara kerjanya berdasarkan sifat mekanis atau elektronis. Politeknik Negeri Semarang secara rutin setiap tahun menyeleggarakan kegiatan seminar. Setiap peserta seminar yang sedang mempresentasikan hasil penelitianya diberi alokasi waktu yang sama, sering kali moderator menggunakan aplikasi timer dengan fungsi stop watch pada HP Android atau Tablet. Hal ini menyebabkan peserta seminar kesulitan untuk mengetahui alokasi waktu yang diberikan sudah selesai atau belum, karena hanya moderator yang mengetahuinya.
Dari peristiwa yang terjadi pada kegiatan seminar tesersebut diatas, maka durasi waktu seminar supaya dapat diketahui dengan baik oleh moderatator ataupun peserta seminar dibuatlah timer terprogram dengan tampilan lampu tiga warna. Dengan menggunakan timer terprogram, durasi waktu setiap peserta, dapat diprogram dengan mudah oleh operator. Lampu hijau menyala menandakan presentasi sedang dilaksanakan, lampu kuning menyala menandakan alokasi waktu presentasi kurang dua menit selesai, lampu merah menyala menandakan alokasi waktu presentasi sudah selesai.
Perubahan nyala lampu dari hijau ke kuning, kuning ke merah terjadi secara otomatis, operator hanya perlu menseting alokasi waktu setiap peserta seminar, pensettingan waktu hanya dilakukan sekali. Pertama kali saat switch power on dinyalakan, lampu merah akan langsung menyala, kemudian timer diseting waktunya, setelah peserta presentasi seminar siap, tombol start ditekan, lampu hijau akan langsung menyala.

Kata kunci: timer, setting waktu, tombol start, lampu


Full Text:

PDF

References


Stepanus dkk. 2014. PerancanganAplikasi Timer Elektronik Dengan Arduino Kit Untuk mengendalikan Rangkaian Relay, Jurnal in Tek Sis Volome: 1. Nomor: 3. Nopember 2014.

Henny Leydiana dkk. 2018. Perancangan Alat Timer Traffic Light Menggunakan Mikrokontroller Atmega 8535 Berdasarkan Antrian Jumlah Kendaraan. Jurnal PROSISKO. Volume: 5. Nomor: 1. Maret 2018.

Saepul Iman dkk. 2015. Sistem Pengontrol Lampu Ruangan Otomatis Berbasis Timer Menggunakan Mikrokontroller Atmega 8535. Universitas Pakuan.

Sari Widya Fitri dkk. 2017. Rancang Bangun Sistem Pengontrol Temperatur dan Waktu untuk Proses Heat Treatment. Jurnal Fisika Unand. Volume: 6. Nomor: 3. Juli 2017.

M. Suari dkk. 2011. Perancangan Sistem Pewaktuan dan Pengontrol Temperatur pada Aplikasi Kamar Temperatur dengan Sensor LM35DZ Berbasis Mikrokontroller AT89S52. Jurnal Ilmu Fisika (JIF). Volume: 4. Nomor: 2. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v15i3.1896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats