PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS WEBSITE BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN GORONTALO (SUATU ANALISIS KEBUTUHAN)
DOI:
https://doi.org/10.32497/orbith.v15i3.1895Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis website untuk para guru dan siswa di level Sekolah menengah Atas kelas XI khususnya di Kabupaten Gorontalo sehingga penelitian ini dikategorikan sebagai Penelitian Pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan desain Mixed-Method Sequential Exploratory dengan yaitu menggabungkan dua metode sekaligus dengan tujuan untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam mengenai suatu objek yang dikaji. Penelitian ini dilakukan di 10 SMA di Kabupaten Gorontalo dengan sampel sebanyak 250 responden yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data penelitian didapatkan melalui angket yang dibagikan kepada siswa dan hasil wawancara kepada 10 orang guru Bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa akan semakin termotivasi dan semangat dalam belajar Bahasa Inggris jika guru menggunakan media dan sumber belajar interaktif dan menarik yang terintegrasi pada sebuah aplikasi pembelajaran berbasis website. Siswa juga sebagian besar mengungkapkan bahwa penerapan aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Website juga dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan mereka dalam menguasai Bahasa Inggris, khususnya pada empat keterampilan dasar berbahasa Inggris yaitu Listening, Speaking, Reading dan Writing. Sementara hasil wawancara terhadap guru Bahasa Inggris di SMA Se Kabupaten Gorontalo menunjukkan hasil yang sangat positif. Mereka mengungkapkan bahwa aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Website saat ini sudah sangat dibutuhkan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Aplikasi Pembelajaran, Website, Teknologi Informasi dan Komunikasi
References
Faridi, A. Inovasi Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis ICT dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan.
Lembaran Ilmu Kependidikan. Jilid 38, No.1 pp. 59-67, 2009.
Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.
Shyamlee, S.D, “Use of Technology in English Language Teaching and Learning: An Analysis”, IPEDR, vol. 33, pp. 150-156, 2012.
Sukmadinata, N, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Sutherland, S. Robertson & John, P. 2009. Improving Classroom Learning with ICT. New York: Routledge, 2009.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).