PERANCANGAN DAN ANALISIS ANTENA MIKROSTRIP BYEMAX PADA FREKUENSI 1.8 GHZ UNTUK MENGOPTIMALKAN KUAT SINYAL 4G PADA PERANGKAT MIFI

Yenniwarti Rafsyam, Ardina Askum, Wulan Widiyaningsih, Jonifan Jonifan

Abstract


Rendahnya level sinyal serta kurang optimalnya antena internal pada perangkat Mobile Wi-Fi (MiFi) menyebabkan tidak maksimalnya penggunaan jaringan 4G LTE. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah antena eksternal untuk mengoptimalkan sinyal LTE. Bahan yang digunakan untuk merealisasikan antena ini adalah substrat FR-4 Epoxy (double layer) yang memiliki konstanta dielektrik (єr) = 4,3 dengan tebal dimensi (h) sebesar 2,5 mm dan ketebalan tembaga (t) sebesar 0,035 mm. Antena mikrostrip Byemax telah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan yaitu VSWR < 1,5, return loss < -10 dB, pola radiasi bidirectional, dan gain sebesar ≥ 2 dB. Antena mikrostrip Byemax diaplikasikan di luar ruangan sebagai antena eksternal yang terhubung dengan Band Pass Filter (BPF) dan Low Noise Amplifier (LNA) pada perangkat MiFi untuk mengoptimalkan kuat sinyal 4G LTE yang diterima. Besarnya penguatan antena mikrostrip Byemax saat dihubungkan dengan perangkat MiFi yaitu sebesar 4 dB. Nilai kuat sinyal paling optimal diperoleh pada provider XL yaitu sebesar -69 dBm.

Kata Kunci: 4G LTE, Antena Mikrostrip, MiFi


Full Text:

PDF

References


Ade Wahyudin, Sakinah, 2016. Perancangan Dan Analisa Penggelaran LTE Pada Frekuensi 700 MHz Dengan Metode Adaptif Modulation Coding Untuk Implementasi Digital Dividend Di Wilayah Sub-Urban Dan Rural Kabupaten Banyumas”. Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan.

Hanief Tegar Pambudhi, Darjat, Ajub Ajulian Z. 2010. “Perancangan dan Analisis Antena Mikrostrip dengan Metode Aperture Coupled Feed pada Frekuensi 800 MHz”. Teknik Elektro, Universitas Diponegoro Semarang.

Hilman Halim. 2007. “Designing Triple-Band Microstrip Antenna That Operate At WiMAX Frequencies”.

Jonifan. 2016. “Perancangan Antena Mikrostrip Patch Circular menggunakan metode Array 1x8 untuk Aplikasi Radar Maritim Frekuensi 3,2 GHz”. Jurnal Ilmiah SETRUM – Volume 5, No.2.

K. Chang, B. Inder and V. Nair. 2002. “RF and Microwave Circuit and Component Design for Wireless System”. New York: Wiley.

Nori, A. 2008. “Perancangan Dan Realisasi Bandpass Filter Berbasis Mikrostrip”.

Yunita Rahayu, Zikri Pradana.2017. “Dual Band Antena Design Mikrostrip Dengan Bentuk Slot Byemax Untuk Penerapan Frekuensi 2,1 GHz LTE”. Jurnal Ilmiah SINERGI Vol. 21, No. 2, Juni 2017: 101-106




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v15i2.1705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats