MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN ALAT PERAGA KONGKRIT PADA SISWA KELAS III SD N BATURSARI 4 KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK

Syafuddin Syafuddin

Abstract


Fokus penelitian ini adalah peningkatan mutu pendidikan hkususnya pada mata pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran Matematika dalam menentukan penjumlahan dan pengurangan uang pada siswa kelas III SDNegeri Batursari 4.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Batursari 4 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Subyek utama penelitian adalah siswa kelas III SD Batursari 4. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) Pembelajaran Matematika pada sekolah dasar khususnya kelas III dengan materi penjumlahan dan pengurangan uang selama ini banyak menemui kesulitan. (2) Fokus kesulitan tersebut karena selama ini mereka menganggap bahwa pembelajaran Matematika sulit dipelajari. (3) Dengan dasar teori Konstruktivisme dimanapengetahuan dapat dibangun atau dipelajari melalui pengamatan sendiri, maka peneliti menggunakan metode pembelajaran demonstrasi sehingga peserta didik interaktif dalam pembelajaran tersebut. (4) Penelitian ini memberikan gambaran upaya peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran menyenangkan yang memanfaatkan uang sebagai media pembelajaran dan hasilnya memuaskan.

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Metode Demonstrasi, Alat Peraga Konkrit


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono, (2002) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, (2006). KTSP. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukardinata, N.S (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Banung: Remaja.

Wilsaon Simangunsong, (1997). Soal dan Penyelesaian Matematika Dasar. Erlangga: Jakarta.

WJS. Purwodarminto, (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Ciputat Pers.

Depdiknas, ( 2006) Instrumen Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan KTSP. Jakarta Depdiknas.

Lewin ( Tahir 2012:77 ) “Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan”. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.

Bahri (2012:8) Penelitian Tindakan Kelas Makasar. Makasar : Universitas Muhammadiyah Makasar.

John Elliot, 1991. Action Research For Educational Change Developing Teachers and Teaching. University Press. Philadelphia.

Suyadi, 2012:18 Buku Panduan Guru Profesional PTK dan Penelitian Tndakan Sekolah. Yogyakarta : Andi.

Kemmis dan Mc. Taggart ( Sanjaya, 2010:25) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v15i2.1704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats