MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI MOMENTUM, IMPULS DAN TUMBUKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD SISWA KELAS X MIPA 2 SMA N I BELIK TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.32497/orbith.v15i1.1698Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan, keterampilan proses, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Belik Pemalang. Penelitian ini diadakan pada siswa SMA Negeri 1 Belik Kabupaten Pemalang kelas X MIPA 2 Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017, waktu penelitian berlangsung selama 1 bulan dengan 2 siklus. Tiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siklus I sekitar 76 % dan pada siklus II mencapai 87 %. Hal ini juga terlihat pada Ulangan Harian siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD hasilnya lebih baik dan presentasi ketuntasan belajar pun lebih tinggi dari pada sebelumnya.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Model STAD
References
Asrori, Mohammad. 2007. Penelitian Tindakan Kelas : CV Wacana Prima.
Johnson, Lou Ane. 2005. Teaching Out Slide The Box :How to Your Student by Their Brains.San Frannsisco : Market Street.
Noornia, Anton. 1997. Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Pengajaran Persen di Kelas VI Sekolah Dasar Islam Al Maarif 02 Tesis. Tidak diterbitkan di Pasca Sarjana IKIP Malang : Malang.
Slavin, Robert.E. 1995. Cooperatif Learning Theory, Reseach and Practice, Second Edisien. Boston : Allyin and Bacon.
Susilana, Rudi & Cepi Riyana. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan dan Penilaian. Bandung : CV Wacana Prima.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).