RANCANG BANGUN APLIKASI SMART SCHOOL PADA PENGENDALI PERALATAN ELEKTRONIK MENGGUNAKAN PLC

Sri Kusumastuti

Abstract


Guru dan murid  dapat melaksanakan proses belajar hingga mendapatkan prestasi yang maksimal di sekolah jika sekolah menerapkan disiplin yang baik, memberi rasa nyaman dan aman. Disiplin waktu belajar bergantung pada bel sekolah, rasa nyaman siswa sangat didukung sarana di kelas, keamanan sekolah terjaga jika bebas dari pencurian.  Kontrol bel sekolah, kipas angin, lampu penerangan dan sistem keamanan di sekolah selama ini masih dilakukan secara konvesional. Cara ini sangat memungkinkan terjadinya human
error. Penelitian ini akan dibuat sistem kontrol beberapa peralatan elektronik sekolah berbasis PLC.  Peralatan yang dikontrol adalah : (1) Bel sekolah yang berkerja secara otomatis untuk jadwal harian maupun jadwal ujian, (2) Lampu di kelas bekerja secara otomatis secara otomatis pada jam sekolah jika cahaya ruang kelas kurang terang, (3) Kipas angin kelas bekerja otomatis selama jam sekolah saat suhu >
27°C, (4) Lampu gedung di luar kelas menyala secara  otomatis mulai pukul 17.30 hingga pukul 05.00 WIB, (5) Lampu kamar mandi menyala  secara otomatis saat kamar mandi digunakan, (6) Alarm pengaman bekerja jika ada pencuri masuk ke dalam  lab. komputer.

Kata kunci: Kontrol elektronik, PLC. remote RF

Full Text:

PDF

References


Heri Sudarmanto. 2009.Otomatisasi Bel Sekolah sebagai Media Penerapan Kedisiplinan.Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Muhammad Sabri Annas dan Satria Gunawan Zain. 2014. Prototype Bel Sekolah Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega32. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Raka Agug dkk.2011.Rancang Bangun Bel Sekolah Otomatis Berbasis Mikrokontroler AVR ATMEGA8, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana : Bali.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats