SURVEI IMPLEMANTASI INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMA SE-KABUPATEN GORONTALO

Indah Wardaty Saud, Dahlia Husain, Adimawati Helingo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi Information and Communication Technology (ICT) sebagai media dan sumber belajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa SMA. Penelitian ini dilaksanakan di sepuluh SMA Kabupaten Gorontalo, terdiri dari tujuh SMA negeri dan tiga SMA swasta. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan Cross Sectional Study. Sample 250 responden siswa SMA kelas XI diambil dari sepuluh SMA Negeri dan Swasta sebagai representasi dari populasi siswa SMA kelas XI yang ada di SMA Kabupaten Gorontalo. Sample ini diperoleh dari teknik probability sampling. Data diperoleh dengan metode kuesioner yang didistribusikan kepada 250 responden mengenai persepsi Imlementasi ICT sebagai media dan sumber belajar, dan metode dokumentasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris yang diperoleh dari nilai Ujian Tengah Semester, semester genap tahun ajar 2017/2018. Data kemudian dianalisis menggunakan metode Regresi Linear Sederhana untuk mengetahui pengaruh Implementasi ICT terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis yang dilakukan dengan korelasi Product Moment (rxy) antara implementasi ICT (X) dengan hasil belajar siswa kelas XI (Y) diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.604 nilai yang kuat. Hasil ini menunjukkan hubungan atau pengaruh positif dan signifikan antara Implementasi ICT sebagai media dan sumber belajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas XI. Nilai R Square atau nilai koefisiensi determinasi sebesar 0,365 yang berarti bahwa variabel dependen (Hasil Belajar) mampu dijelaskan oleh variabel independen (Implementasi ICT), sebesar 36,5%, sebaliknya sebesar 63,5%  dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: ICT, Media dan Sumber Belajar, Hasil Belajar Bahasa Inggris.

Full Text:

PDF

References


Cahyono, B. Y., & Widiati, U. 2007. Challenges and Possibilities in the Integration of the Internet in English Language Teacher Education. In M. K. Kabilan & M. E. Venthamani (Eds.), Internet and the English Language Classroom (pp. 187-209). Petaling Jaya, Malaysia: Sasbandi Sdn Bhd.

Cahyono, Bambang Yudi. 2011. Best Practices in the Teaching of English. State University of Malang: Malang.

Kariman, T. M., & Eddy M. 2012. Pemanfaatan Weblog sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 5 No. 1 (hal. 72-86).

Sabar, K., & Asfah, R. 2011. Penggunaan Web (e-learning) Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Di briton International English School Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 1, No. 4 (hal. 444 – 456).

Sudrajat, D., & Permatasari, H. 2013. Pembelajaran Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Dalam Mempelajari Materi Bahasa Inggris Kelas XI IPS Menggunakan Macromedia Flash MX Di MAN 2 Kota Cirebon. Jurnal Online ICT STMIK IKMI – Vol. 1-No. 1 (hal. 1-15).

Yusri. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas X Di Sman I Dekai Kabupaten Yahukimo. Jurnal Ilmiah ILKOM Vol 8 No 1 (hal.49-56).




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v14i3.1315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats